XL Net Rally 2012 | Tes Sinyal Sampai ke Jogja

Yihaa, ingat mau Ramadhan, ingat XL Network Rally (berikutnya Rusa singkat XL Net Rally). Huehehe, yaiyalah selalu ingat, karena Alhamdulillah sesuatu, untuk ketiga kalinya, Rusa diberi kepercayaan oleh XL untuk ikut meramaikan XL Net Rally tahun ini. Kalau kata Benny Chandra, aku adalah senior di XL Net Rally. HAHAHAHA. Ayo sini tunduk sama senior! *pecut*. Tahun ini XL Net Rally diadakan 6-7 Juli 2012 kemaren.

Bertanduk di XL Net Rally

Oia XL Net Rally atau XL Network Rally adalah program pengetesan kesiapan jaringan PT. XL Axiata (XL Network Drive Test) dalam rangka menghadapi lonjakan trafik Ramadhan & Lebaran di jalur mudik di pulau Jawa. Tahun ini sedikit berbeda, karena peserta berkumpul di Yogyakarta, bukan di Semarang seperti 2 tahun sebelumnya. Tapi, rombongan dari Jakarta, tetep menuju Semarang menggunakan kereta api, baru kemudian melanjutkan perjalanan ke Jogja dengan menggunakan bus. Rusa sendiri bersama rombongan Surabaya menggunakan mobil menuju Jogja. Begitupun rombongan dari Bandung.

Seperti dijadwalkan, Rusa tiba di XL Center Surabaya jl Pemuda 94-98 Surabaya jam 06.00 WIB, rombongan 3 mobil dari Surabaya udah siap berangkat jam 07.00 WIB, sayang si mas Benny Chandra (Utusan Blogger Surabaya) masih belum muncul batang tanduknya *diseruduk*. Alhasil, kami menunggu penuh resah dan gelisah dan tepat 07.30 WIB akhirnya mas Benny datang, dan langsung cuss kami semua berangkat.

Belum beberapa menit perjalanan, Rusa langsung sarapan, karena ternyata sudah disediain sarapan dan beberapa snack dan minuman di mobil. Langsung deh santap, karena kalau baungunnya lebih pagi, sarapannya pun lebih pagi. Ternyata gak cuma snack dan beberapa minuman udah disediakan pihak XL, untuk kebutuhan paling penting dalam hidup ini selain makan dan minum pun udah disediakan oleh Tim XL Surabaya, yup, colokannnnn! Dan sepanjang perjalananpun tidak khawatir kehabisan batere untuk livetweet dan mengetes jaringan melalui ponsel.

Sarapan Nasi Krawu

Colokan paling penting setelah makan dan minum dalam perjalanan

 Tepat jam 09.16 WIB rombongan dari Surabaya sudah memasuki kota Jombang, dan kami akhirnya mampir di BTS HUT Jombang yang letaknya persis bersebelahan dengan stasiun kereta api Jombang. BTS HUT sendiri merupakan BTS pusat di kabupaten Jombang. Dipimpin Pak Hazad Khan (Manager HR & EA XL East Region) rombongan Surabaya melakukan pengecekan kekuatan jaringan di BTS HUT Jombang.

BTS HUT Jombang

Hazad Khan (Manager HR & EA XL East Region) melakukan tes jaringan di BTS HUT Jombang

Rombongan Surabaya foto bersama di BTS HUT Jombang

Selesai melakukan pengecekan kekuatan jaringan di BTS HUT Jombang, rombongan Surabaya melanjutkan perjalanan menuju Jogja. Dan sepanjang perjalanan setelah mengunjungi BTS HUT Jombang, kami blogger dan media melakukan perbincangan dengan orang XL, dalam hal ini ada pak Pak Hazad Khan (Manager HR & EA XL East Region)  dan Eko Wahyu (Manager Field Operation East Java 2) yang kebetulan semobil juga dengan Rusa.

Menurut Pak Eko Saat Lebaran tahun lalu, penggunaan layanan data oleh pelanggan XL naik sekitar 14%. Voice & SMS lebih besar dari itu. Pak Eko juga mengatakan sampai saat ini XL sudah mempunyai 30.000 an BTS. Sampai 2015 ditargetkan akan nambah 40.000 an BTS.

Pak Khazad Khan menunjuukan jumlah jaringan 3G dan 2G di Jawa Timur pada Wartawan beritajatim.com

Jam 11.09 WIB rombongan Surabaya masuk kota Caruban, dan kami langsung melesat ke RM Sederhana Caruban untuk makan siang. Selesai makan siang, dilanjutkan sholat Jumat buat yang cowok muslim. Setelah sholat dan makan siang, rombongan kembali melanjutkan perjalanan, dan dari itu pula topik pembicaraan membahas tentang makanan enak di Surabaya. Tak hanya itu obrolan sampai pada bisnis mall di Surabaya, cerita 1001 tower, lemak di perut, tentang politik dan gosip-gosip seru lainnya. Hal ini disponsori oleh pak Hazad yang lucu banget banyolannya. Niscaya 12 perjalanan Surabaya-Jogja tidak kerasa capek. #VotePakHazadOpenMic 😀

Makan siang di RM Sederhana Caruban

Yeah jam 18.13 WIB kami sudah masuk Jogja,  dan kami langsung menuju Mang Engking di mana rombongan Jakarta sudah duluan di sana, untuk menyantap makan malam. Sempat muter-muter juga sih, karena waktu itu Jogja macet, dan kami sedikit nyasar. Puas makan malam di Mang Engking, akhirnya saatnya untuk check in hotel. Utusan blogger nginapnya di Grand Quality.

***

“Selamat pagi Jogjaaaaa dari lantai 2 kamar 237 GQ… \o/” itulah twet pertama di hari Sabtu 7 Juli 2012. Habis ngetweet selamat pagi, langsung disapa Adhams di timeline, dan diajak sarapan bareng. Jam 07.30-an sarapan dan saat itu pula ketemu Catur teman blogger dari Bandung. Sekitar jam 09.00-an udah selesai check out dan siap menunggu bus di lobby hotel yang akan mengantarkan kami ke lokasi acara Obsat, yang dalam hal ini di Liquid Cafe.

Huwaa, akhirnya bisa mencicipi bus mewah yang dipake mengantarkan rombongan Jakarta dari Semarang menuju Jogja. Busnya emang awesome banget gila. Namanya Omah Melaku, ya pantes aja di dalamnya seperti rumah mewah. Keren gila itu bus.

Keceriaan di dalam bus mewah (Foto by Benny Chandra)

Tiba di Liquid Cafe langsung foto dulus sama Ranger ^IK dan ^AL (Foto by Benny Chandra)

Tiba di lokasi acara langsung makan lagi, huwaa makan terus pokoknya. Menu makanan yang disediakan panitia adalah makanan tradisional, karena Rusa lumayan rakus, alhasil gudeg dan pecel campur jadi satu, haha.

Suasana sebelum talkshow dimulai

Rusa makan Pecel campur Gudeg :D

Akhirnya selesai makan, acara dimulai dengan dimulai oleh sesi Presentasi Asep Supriatna (O & M Manager XL). Pak Asep memaparkan hasil dari uji jaringan yang telah dilaksanakan sehari sebelumnya. Menurut pak Asep Pada 2012 Trafik percakapan XL 600jt per menit, 660 juta SMS dan 52 Terabytes untuk data. Dari penjelasan Pak Asep Rusa jadi tahu kalau Surabaya ternyata sudah termasuk kota di 22 area HodRod 3G+. Pak Asep menutup presentasinya dengan kesimpulan bahwa XL siap untuk menghadapi lonjakan trafik saat mudik lebaran nanti.

Selesai pak Asep, acara dilanjutkan oleh  Mas Harry Deje (Corporate Communications Manager XL) dengan membawa serta 2 ranger dari XL Care. Mas Deje  dan 2 ranger catik ^IK dan ^AL memperkenalkan akun @XLCare yang merupakan customer servis melalui social media. Dari situ dihimbau, bahwa kalau ada yang ditanyakan, ada masalah apapun, bisa mengubungi @XLCare di Twitter.

Suasana Obsat di Liquid Cafe Jogja

Mas Harry Deje dan Ranger ^IK dan ^AL (Foto by Benny Chandra)

Aaakkk bisa foto bareng sama Trinity Traveler

Selesai ngomongin XL Care, acara dilanjutkan oleh presentasi Eyang Edo Rusyanto yang membahas tentang fenomena mudik, di mana dalam hal ini Eyang menghimbau agar masyarakat tidak mudik menggunakan sepeda motor. Selesai Eyang Edo Rusyanto, dilanjutkan sesi Trinity Traveler, yang ngomongin tips-tips jalan-jalan, termasuk jalan-jalan ke luar negeri. Dalam hal ini yang paling Rusa ingat dari sharingnya mbak yang pekerjaannya jalan-jalan ini adalah “Kalau pergi kurang 3 sampai 5 hari ke luar negeri, tidak perlu menggunakan simcard lokal”.

Harusnya Rusa pulang ke Surabaya bareng rombongan Surabaya sebelum acara selesai, tapi karena dari awal Rusa udah minta extend (dan boleh oleh pihak XL) sampai tanggal 9 Juli 2012, jadinya Rusa bisa mengikuti acara sampai selesai. Dan besoknya tanggal 8-9 Juli bisa jalan-jalan mengelilingi Jogja *Yayyyyy*. Tapi tiket pesawat pulang udah dipersiapkan oleh pihak XL. Makasihhhh *kibas-kibas tiket Lion Air JOG-SUB 9 Juli yang tidak delay*.

Senang sekali 3 kali dalam 3 tahun berturut-turut sejak 2010, Rusa dipercaya oleh XL untuk bisa ikut memeriahkan XL Net Rally untuk utusan blogger Surabaya. Semoga tahun depan bisa ikut lagiiiii *ngarep*. Makasih XL *cium-cium ranger XL Care*.

Share yuuk..
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

57 Comments - Add Comment

Reply


five − = 4