#oblongmerahmuda, Persembahan 4 Tahun Blogger Ngalam

Ada komunitas blogger Surakarta Bengawan, Tugu Pahlawan dari Surabaya (TPC), Blogdetik, Dot Semarang, Plat-M Madura, Blogger Bekasi, Blogger Banyumas, Kota Reyog Ponorogo, Blogger Madiun, Jogja, ASEAN Blogger, Blogger Bojonegoro, Blogger Nusantara, Anging Mammiri Makassar, semuanya berkumpul di Malang dalam rangka ikut merayakan ultah ke 4 komunitas Blogger Ngalam yang diselenggarakan di Kampus STIE Malangkucecwara pada Sabtu 7 Januari kemaren.

Blogger Ngalam adalah komunitasnya blogger-blogger Malang di mana anggotanya disebut Globbers. Udah emang susah kalo ngomongin Malang, semuanya serba dibolak-balik. Untuk memperingati hari lahirnya yang jatuh setiap 29 Desember, Blogger Ngalam mengadakan acara dengan tajuk #oblongmerahmuda, singkatan dari Obrolan Blogger Ngalam Mengenang Sejarah dan Memajukan Budaya.

Dibuka dengan tarian tradisional

Acara yang dimulai dari jam 09.00 WIB ini sangat padat karena ada beberapa sesi sharing, mulai ngomongin sejarah sampai budaya kota Malang. Di akhir-akhir ditambah dengan semangat ngeblog serta konten lokal. Aduh pusing deh mulai pagi sampai sore harus dengerin orang sharing macem-macem, untungnya ini termasuk kopdar, jadinya gak ngebosenin, karena orang di depan lagi ceramah, Rusa di belakang ngobrol ngalor ngidul  sama kejutan 2 blogger yang hadir dalam kopdar kali ini. Salahkan pasangan blogger Isnuasa dan Gie Wahyudi yang ngajak ngobrol di belakang sampek menemukan istilah aliran blogger Rahardian dan Endian. Ok maksud dari istilah itu jangan tanyakan Rusa, males jawabnya. Ntar Rusa lagi yang disalahkan para blogger sejagad maya ini. Silahkan salahkan mereka berdua yang lagi bahagia-bahagianya menanti lahirnya buah hati pertama mereka.

Jadi selama #oblongmerahmuda kamu cuma ngobrol di belakang aja Rus? Hehe gak juga sih, rusa merhatiin juga koq sama pembicaranya, buktinya Rusa paham apa aja yang lagi dibahas di depan. Ok sekarang Rusa ceritain apa aja yang telah dibahas di #oblongmerahmuda.

Dari Mengenal Sejarah dan Budaya, Semangat Ngeblog Sampai Konten Lokal dan Personal Branding 

Acara dibuka dengan menghadirkan tarian tradisional, setelah itu peserta diputerin film dokumenter “Sejarah Kota Malang” yang membahas Malang Sebelum Masehi sampai jaman kerajaan. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, termasuk dari ketua Blogger Ngalam Haqqi, di mana dalam sambutannya dia bilang kalau #oblongmerahmuda adalah event paling gede dari Blogger Ngalam sejak berdiri 4 th lalu 29 Des 2007. Huwaw pencapaian yang luar biasa ya. Setelah Haqqi menyampaikan sambutan dilanjutkan oleh Fajar Mc Xoem sebagai ketua pelaksana yang banyak menyampaikan terima kasih buat para komunitas yang hadir serta para pihak yang menyeponsori acara itu. Setelah itu dilanjutkan pula oleh Mubarika Darmayanti mewakili ID Blog Network.

Akhirnya sesi sharing dimulai dengan sharing pertama yang ngobrolin sejarah sampai perkembangan kota Malang sampai sekarang. Sesi pertama ini menghadirkan Dwi Cahyono dari Yayasan Inggil yang juga pemprakarsa Malang Tempo Doeloe dan Ovan Tobing. Di situ juga dibahas Malang yang sebelumnya terkenal dengan kota dingin menjadi lebih gerah karena makin banyaknya ruko-ruko dan pusat bisnis.

Dwi Cahyono menjelaskan sejarah kota Malang

Rusa sempat ketinggalan pas sharingnya Ovan Tobing dan #XLangkahlebihmaju dari XL karena saat itu, Rusa bersama Dian si admin @infomalang yang unyu itu,  diculik oleh panitia untuk diwawancarai sama wartawan Surya, gak tau deh jadi dimuat gak hasil wawancaranya waktu itu. Mbak Dian, udah baca belum koran Surya edisi 8 Januari? ada kita gak? Huehehe.

WS: Katanya blogger harus informatif ya mas? Rusa: gak mesti, tergantung tipe bloggernya (Foto by Fajar Mc Xoem)

Setelah itu sharing berikutnya menghadirkan PANDI, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia yang membahas pentingnya memilih-milih domain, di situ dijelaskan macam-macam domain dan dianjurkannya blogger make domain yang benar.

Menjelang jam makan siang, peserta yang hadir dihibur dengan games seru serta penampilan “Boy Band” Embun Nasyid pimpinan Fajar Embun yang tak kalah dengan SM*SH Boy Band paling ngehits di Indonesia. Huehehe.

Setelah jam makan siang, acara dilanjutkan dengan sharing dari Antyo Rentjoko atau yang biasa dikenal dengan Paman Tyo blogger yang mendapatkan gelar Blogger Rauwis Uwis karena rajinnya update. Pas banget di sini si Paman sharing tentang bagaimana menumbuhkan semangat ngeblog, termasuk photo blogging, di mana sekarang keadaannya adalah blogger lagi lemes semangat updatenya.

Paman Tyo sharing, Pakde Blontankpoer menfoto dari belakang

Semua orang bisa ngeblog, persoalannya adalah mau atau gak. Begitulah kata Paman Tyo, dia juga menambahkan semua orang juga mau, tapi sempat atau gak? Ngeblog, hanya dengan ponsel dapat koneksi, kirim, selesai deh! Begitulah dia ngasih tips photo blogging. Menurut Paman Tyo, inti ngeblog adalah bersaksi, peduli, mengamati, mencatat dan membagikan. Bukan pekerjaan jurnalistik, tapi “asyik”!

Dilanjutkan lagi kata Paman yang blognya bejibun di berbagai engine blog ini adalah ngeblog = kemewahan, maka dari itu kadang diperjuangkan untuk mendapatkannya. Tapi, mewah itu bukan berarti mahal. Waktu, niat dan kesempatan adalah kemewahan. Karena mewah, maka harus diperjuangkan. Yang paling menyentil lagi dari Paman adalah kalau kamu bisa ngetwit, bisa SMS dan bisa bikin status Facebook, pasti bisa bikin konten. Nah loh, jleb deh.

Terakhir, Paman memberikan tips, kalau make foto orang jangan lupa sebutin sumber, dan kalau pasang foto usahakan sisi keren seseoarang, lucu boleh tapi jangan yang mempermalukan seseorang.

Sharing berikutnya adalah ngomongin konten lokal yang langsung menghadirkan orang-orang lokal yang sukses dalam kancah nasional. Dalam hal ini adalah dari perwakilan dari KapanLagi.com yang cerita bagaimana kisah sukses Kapan Lagi yang sudah mencapai 8 tahun sebagai web berita entartainment yang juga berasal dari Malang. Setelah itu dilanjutkan oleh Ferdhie dan Moch. Zamroni yang keduanya juga asli Malang.

Dalam sharingnya Moch Zamroni yang biasa dikenal dengan Pak Zam ini mengambil tema Online Freelancer & Personal Branding untuk menjawab pertanyaan besar “Bagaimana sih hanya dengan tinggal di Malang tapi masih bisa survive dan punya nama di dunia online sebagai orang Malang?” pertanyaan itu dijawab dengan sangat tepat dengan 31 slide, selengkapnya bisa dibaca di sini.

Foto Bersama

Pahlawan TPC yang ganteng-ganteng itu

Ini wajib, harus selalu di sertakan di akhir :)

Selesai sharing-sharing, akhirnya acara #oblongmerahmuda yang merupakan hari pertama dari rangkaian ultah Blogger Ngalam, ditutup dengan foto-foto. Berikutnya tentang rangkaian peringatan ultah Blogger Ngalam, tunggu di postingan selanjutnya ya!

Foto jepretan sahabat Rusa, Aziz Hadi salah satu co founder idgeeks.net.

Share yuuk..
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

75 Comments - Add Comment

Reply


8 + seven =