Blogilicious de Surabaya | 2 Hari Belajar Ngeblog

Blogilicious de Surabaya, Yay! Ini event sumpah keren banget, belajar ngeblog selama 2 hari penuh! Mulai dari Blog itu apa sampai pada materi bagaimana blog bisa menambah penghasilan. Diajari pula sama blogger yang emang udah jago banget di bidangnya. Pulang dari Blogilicious, belum pinter ya kebangetan deh! πŸ˜€

Yup Blogilicious de Surabaya merupakan salah satu rangkaian Roadblog 2011 yang diselenggarakan oleh ID Blog Network. Surabaya memang kota pertama dalam rangkaian roadblog ini, berikutnya akan berlanjut di Makassar, Medan, Palembang, Jojakarta, Bandung dan berakhir di Jakarta pada 25-26 Juni 2011.

Blogilicious de Surabaya

Suasana Blogilicious de Surabaya

Nah, Blogilicious de Surabaya ini diselenggarakan di Fakultas Teknik Industri lantai 4 ruang Ir Soekamto di kampus UPN Veteran Jatim pada tanggal 14-15 Mei kemaren dengan dipandu pak Eko Eshape sebagai MC dan moderator acara.

Ok, sekarang Rusa akan cerita bagaimana Blogilicious de Surabaya selama 2 hari itu.

Hari Pertama

Hari pertama Sabtu 14/5, Blogilicious de Surabaya dibuka dengan tarian Selamat Datang dan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama, dilanjutkan dengan mas Nopy memberikan sambutan sebagai ketua panitia lokal. Selanjutnya mbak Mubarika Darmayanti selaku perwakilan ID Blog Network juga memberikan sambutan. Berikutnya Dekan Fakultas Teknik Industri UPN Veteran, memberikan sambutan dan juga peresmian pembukaan acara.

Blogilicious de Surabaya

Disambut dengan Tarian Selamat Datang

Blogilicious de Surabaya

Pemberian Cinderamata dari FTI UPN Jatim kepada ID Blog Network

Presentasi pertama adalah dari blogger kondang Amril Taufik Gobel, siapa ya yang gak tahu sama blogger yang satu ini. Blogger asli Makassar yang tinggal di Jakarta ini memberikan materi tentang Tips Blogging. Kalau Rusa simpulkan dari apa yang telah dia sampaikan adalah, ini orang hebat, eksisnya udah kemana-mana. Dari ngeblog udah banyak yang dia lakukan, termasuk jalan-jalan ke Hongkong, blognya di bukukan sampai berkali-kali dibuat cerita ke layar tevisi, wew! Benar-benar membuat ngiler para peserta yang hadir, termasuk Rusa *ngelap iler*. Presentasi ke 2 diisi oleh Raden Ajeng N Purwaningsih atau yang sering biasa dipanggil mbak Ajeng. Pemilik blog muslimah.web.id ini memberikan materi tentang Etika Ngeblog. Diterangkan sama mbak Ajeng bagaimana seharusnya beretika dalam ngeblog, termasuk jangan sampai copy paste.

Kesempatan ke 3 diisi oleh Setyo Budianto yang membahas tentang bagaimana Mobile Blogging. Mas Setyo, begitulah panggilan akrabnya, dia membahas banyak bagaiamana kita melakukan blogging menggunakan handphone. Seperti yang dia jelaskan dia update mobile blogging bisa menggunakan email, nah disitu dijelaskan bagaimana cara pengaturannya jika ingin update blog dengan email. Di akhir mas Setyo yang bekerja di Flexi ini membagikan modem Flexi Net buat satu peserta yang bisa menjawab pertanyaannya.

Akhirnya tepat jam 13.00 waktunya istirahat sholat dan makan.Β  dan dilanjutkan kembali dengan pemateri berikutnya, yaitu Alderina Gracia yang membahas tentang Social Media. Di sini Alderina yang sebagai Social Media manager di salah satu agency di Jakarta, menjelaskan tentang 6 Kebohongan Social Media. Salah satunya adalah Social Media Meningkatkan Penjualan. Menurut Alderina socmed bukan untuk jualan, tetapi untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan. Benar juga ya, Facebook dan Twitter bukan untuk jualan, sebel juga sama orang yang jualan di Facebook, apalagi tag-tag foto sembarangan lagi.

Blogilicious de Surabaya

Sebelum menyampaikan Blogpreneur, mas Nopy ngajak goyang Doraemon

Setelah Alderina, dilanjutkan oleh Novianto Puji Raharjo (mas Nopy) yang juga sebagai ketua panitia Blogilicious de Surabaya. Beliau yang juga dosen UPN Jatim ini membahas tentang Blogpreneur, ditekankan buat para peserta yang ingin bagaimana menjadi blogger entrepreneur. Pada sesi mas Nopy ini peserta dibuat gak tahan tertawa denganΒ  joke-joke mas Nopy. Jago emang ya dia πŸ˜€

Puas menertawakan mas Nopy, eh salah maksudnya puas tertawa dengan joke mas Nopy, akhirnya acara dilanjutkan pada presentasi terakhir, yakni mas Kukuh T Wicaksono selaku founder ID Blog Network. Mas Kukuh menjelaskan bagaimana cara memonetizing blog. Mas Kukuh yang ngeblognya sejak 1999 ini juga banyak menjelaskan juga tentang IBN yang juga ditambahi oleh rekannya, mbak Mubarika. Di akhir-akhir ditambahi oleh Steven selaku Marketing Manager dari Berniaga.com yang membahas tentang Berniaga.com situs jual beli Indonesia.

Blogilicious de Surabaya

Blogger Madura saat perebutan job review senilai 1 juta

Hari Kedua

Hari kedua berlangsung tepat jam 9 pagi pada Minggu 15/5. Dimulai dari materi Themes Design atau isitilahnya bagaimana mendesain blog dan bagaimana cara memilih theme, disampikan oleh mas Zulkarnaen. Pada sesi ini mas Zul banyak menjelaskan tentang bagaimana mendesain blog wordpress, sangat disayangkan mas Zul tidak menjelaskan tentang bagaimana cara mendesain blogspot, padahal peserta di situ tak sedikit yang menggunakan blogspot.

Dilanjutkan di presentasi ke 2 yang diisi oleh blogger seleb Surabaya, Frenavit. Yup Frenavit memberikan materi Blog Security pada peserta yang lebih dari 300 itu. Frenavit sangat menambah pengetahuan Rusa dan teman-teman yang datang tentang pengamanan blog. Frenavit menjelaskan bahwa blog gratisan atau blognya yang nebeng ke blog provider lebih aman karena biasanya mereka (provider blog) memberikan pengamanan yang sangat kuat pada hostingnya. Yang perlu melakukan pengamanan sendiri adalah pada blog yang menggunakan self hosting, seperti ya Kandang Rusa ini. Sempat diberikan waktu sejenak untuk peserta istrahat, sholat dan makan. Dan panitia emang tahu aja, disela makan siang peserta dihibur oleh adik-adik Musik Patrol dari Paguyuban Jabal Nur yang sangat menghibur sekali.

Blogilicious de Surabaya

Hiburan Musik Patrol Paguyuban Jabal Nur

Setelah puas dijelasin masalah persatpaman blog, akhirnya tiba pada materi terakhir, yaitu Search Engine Optimization (SEO). Dan dalam materi ini langsung dijelasin sama pakar SEO Surabaya, yup pak Abdul Ghofur atau yang biasa disapa pak Gempur.Β  Pak Gempur menjelaskan banyak tentang SEO dan saudara-sauranya itu. Bagaimana SEO yang baik sampai pada praktek pengaturan dan penggunaan plugin All in One SEO Pack. Yak setelah penjelasan dari pak Gempur jadi pengen make All in One SEO Pack deh, plugin ini gak Rusa pake selama ini.

Akhirnya setelah presentasi dari Pak Gempur selesai, selasailah juga Blogilicious de Surabaya. Acara ditutup dengan doa dan foto-foto pastinya πŸ˜€

Yang patut diajungi jempol adalah para panitia yang mengemas acara dengan baik. Rusa salut, acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan menampilkan tarian tradisional. Juga disela-sela acara memberikan hiburan musik. Hari pertama dihibur pemenang lomba karaoke kampus dan hari kedua dihibur Musik Patrol. Keren deh, sisi tradisional dan cinta tanah air emang sengaja diangkat oleh panitia yang mengemas acara ini. Semoga bisa menjadi contoh untuk Blogilicious kota-kota berikutnya, mau pun event-event lainnya.

Blogilicious de Surabaya

Suasana Blogilicious de Surabaya

Buat teman-teman yang gak ikut Blogilicious de Surabaya, bisa ikut di kota-kota berikutnya, berikut Rusa kasih deh jadwalnya:

  • Makassar – 21-22 may 2011
  • Medan – 28-29 may 2011
  • Palembang – 04-05 juni 2011
  • Jogjakarta – 11-12 juni 2011
  • Bandung – 18-19 juni 2011
  • Jakarta – 25-26 juni 2011

Pengen gitu rasanya datang ke salah satu kota di atas, kan sekalian bisa kopdar sama blogger-blogger di daerah itu. Kalau ada sponsor mau-mau aja sih :) *ngarep.com*

Rusa Bersama 2 Founder ID Blog Network

Rusa berharap Blogilicious tak berhenti pada tahun ini aja, dan terus dilaksanakan secara rutin untuk tahun-tahun berikutnya, dan tentunya dilebarkan tak hanya untuk 7 kota pada tahun ini, mungkin bisa ditambah kota-kota lainnya. Masih banyak kota-kota lain di penjuru negeri ini yang butuh kedatangan blogger-blogger keren yang jadi pembicara seperti di Blogilicious de Surabaya kemaren, untuk menularkan ilmunya. Dan tentunya Rusa juga berharap dengan adanya event Blogilicious ini akan bertambah jumlah blogger-blogger baru dan tentunya blogger-blogger berkualitas seperti misinya ID Blog Network.

Terima kasih deh buat ID Blog Network untuk acara kerennya. Sukses terus ya buat ID Blog Network :)

Share yuuk..
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

115 Comments - Add Comment

Reply


− 9 = zero