Visit Bawean #2: Bawean Wisata Pantai & Pulau yang Cantik

Pertama kali menerima ajakan mbak Yulijantik, salah satu admin di grup Facebook kita Liburan Murah, untuk berlibur bareng ke Pulau Bawean, saya sendiri masih ragu-ragu mungkin karena jarang dengar tentang pulau ini sebelumnya.

Ternyata nggak jauh juga, lokasi Pulau Bawean dapat dijangkau sekitar 3 jam dengan ferry dari Gresik. Kota Gresik sendiri dapat dijangkau dengan tol, 1 jam dari Surabaya. Dan ingatan saya pertama kali langsung terbayang oleh ……… blog Rusa Bawean! Salah satu teman sesama blogger yang saya kenal walaupun tidak pernah bertatap muka, tapi cukup sering chit-chat, baik di Facebook, Twitter, maupun blog masing-masing.

Rombongan Liburan Murah di Pulau Bawean
Dengan perahu seperti ini wisatawan mengunjungi beberapa pulau di Bawean

Dari hasil browsing di internet dan juga bertanya ke om Rusa Bawean, waah, saya tambah semangat ‘45 untuk ke Pulau Bawean! Di beberapa blog & foto-fotonya bahkan ada yang bilang bahwa pulau-pulau kecil di Pulau Bawean ini tidak kalah indah dengan pulau di Maldives, salah satu wisata kelas dunia.

Bercerita tentang perjalanan selama di pulau Bawean, cukup panjang juga, singkatnya cerita perjalanan kita dapat dibaca di blog Liburan Murah, dan berikut foto-fotonya.

Pulau Noko (sebelah Pulau Gili Timur)
Pulau Noko adalah pulau kecil dengan pasir putih saja, tanpa tanah
Pulau Noko dengan pasir putihnya, dengan Pulau Bawean di belakangnya
Burung-burung di Pulau Noko

Keseluruhan perjalanan kita sangat menarik & berkesan, saya sendiri sangat merekomendasikan Bawean ini sebagai salah satu wisata pantai & pulau yang cantik, tidak kalah bahkan dari Bali sekali pun! Sempet ketemu dengan Pak Siswadi Kepala Dinas Pariwisata setempat dan cihuuuii, diliput oleh Radar Surabaya (baca liputannya di sini). Senang sekali bisa numpang eksis di koran Surabaya tersebut.

Pemandangan lain di Pulau Bawean
Setiap pantai di Bawean, banyak dipenuhi perahu nelayan
Sunset di suatu tempat di Pulau Bawean
Masih di pulau yang juga disebut Pulau Putri

Yang kita sayangkan, sama seperti kebanyakan wisata di Indonesia, masih belum banyak fasilitas yang tersedia, seperti perahu yang memenuhi standart keselamatan & sewa alat snorkeling misalnya. Transportasi ke Pulau Bawean ini juga masih putus-nyambung, dikarenakan ferry ke pulau Bawean yang tidak selalu ada, entah karena cuaca buruk maupun sebab lainnya. Hal ini tentunya menyulitkan bagi pekerja kantoran, yang dibatasi oleh cuti kantor dengan waktu berlibur yang terbatas. Padahal potensi wisata di Bawean ini sangat bagus, lebih-lebih sekarang ini sudah mulai banyak warga sekitar Surabaya & Jawa Timur yang lagi semangat traveling, mungkin gara-gara ikut grup Liburan Murah (GR, wkwkwk) :p

Dermaga di Pulau Bawean
Rombongan Liburan Murah menginap di sini

Semoga dengan berbagai posting tulisan tentang Bawean, baik di blog kita maupun blog om Rusa Bawean, lebih didengar oleh pihak-pihak terkait & pariwisata di Bawean bisa lebih maju lagi. Sangat disayangkan wisata bagus seperti di Bawean ini dibiarkan begitu saja. Saya sendiri sering traveling ke negara lain, dan banyak wisata negara lain yang tidak sebagus Bawean, tetapi lebih hidup & lebih banyak pengunjung karena sudah tersedia berbagai fasilitas.

Ditulis oleh:  Andy Kristono: Arsitek, Travel Writer, Travel Blogger. Penulis Buku: “Wisata Hemat Hanoi dan sekitarnya” dan “Wisata Hemat Ho Chi Minh dan sekitarnya”.

Semua foto hak milik Andy Kristono, mohon izin langsung dengan bersangkutan jika ingin menggunakannya.

Visit Bawean adalah kolom untuk semua yang pernah mengunjungi Pulau Bawean, sebagai ajang untuk berbagi cerita pengalamannya mengunjungi Pulau Bawean. Pernah ke Pulau Bawean? Kirim tulisan beserta foto-fotomu melalui email ke mail@rusabawean.com.

33 COMMENTS

  1. Asyik, ada kategori baru di blogmu. Semoga ini bukan kamu jadikan alasan males nulis ya kak. Kamu khan banyak ide. Kamu khan blogger senior huahahaha..

  2. Awalnya aneh membaca paragraf awal, serasa pernah baca tulisan ini. Dan aneh gaya bahasanya Rusa kok jadi gini. Wong Bawean kok baru pertama ke Bawean, eh ternyata ini benar tulisan di LiburanMurah. Udah pernah baca dan semakin terasa karena dimuat ulang di blognya Rusa. :)

    • Oh iya mas Gie Wahyudi? Berarti masing-masing penulis blog punya gaya tulisan yang berbeda ya? Wkwkwk, maklum saya masih belajaran kalo tentang tulis-menulis :) Salam kenal ya mas, selama ini kenalnya sama mbak Isnuansa :)

      • Gak nyaliiin mas Rusa, itu tulisan ttg Bawean yang berbeda lhoo, waktu buat tulisan ini juga nggak melihat sama sekali tulisan awal.. berarti blum baca keduanya, wkwk :p

    • Betul. Sampai saat ini belum ada kapal gede yang kotrak melayani Gresik – Bawean yg tahan hantaman ombak Bawean yg ganas,

      Bulan-bulan awal tahun gini masih gede ombaknya.

Leave a Reply