Visit Bawean #1 | Cerita Ian dari Inggris, Baru Datang dari Bawean

Yup, ini adalah posting pertama tentang Visit Bawean yang sudah Rusa janjikan lewat Twitter beberapa waktu lalu.

Berawal dari email yang masuk pada 8 Maret lalu, dari Ian, begitulah dia minta dipanggil (gak boleh manggil mister maupun bule) yang dimana isinya adalah dia tanya tentang apapun dan bagaimana agar bisa dia berangkat dan menikmati pulau Bawean. Yeah ini adalah pertanyaan kesekian kalinya dari orang-orang yang penasaran pengen ke Bawean, tapi bingung bagaimana cara pergi ke pulau yang indah itu :) Rusa memang agak nyesal sih, soalnya ternyata masih banyak info yang dibutuhkan orang tentang apa dan bagaimana Bawean, tapi tidak mereka temukan di internet pun di Kandang (baca: blog) ini.

Kebetulan Ian di Surabaya, akhirnya dari email tersebut Rusa langsung menanggapi agar bisa langsung ketemu dan ngobrol langsung apa saja saja yang ingin dia tanyakan. Dengan semangat disepakati Cirkel Cafe di Jalan Bawean Surabaya jadi tempat untuk meeting pertama.

Ian dan kandang Rusa

Ian dan Rusa

Dari pertemuan tersebut ternyata banyak banget informasi yang dibutuhkan seorang yang berminat ke Bawean tapi tidak mereka temukan di internet, bahkan Ian sendiri cerita, ketika dia searching tentang yang dia butuhkan, malah ketemunya pertanyaan yang sama dan tetap saja gak menemukan jawaban yang dibutuhkan (dari situ juga lewat twitter, Rusa berjanji akan posting bersambung tentang Visit Bawean, yang isinya akan menjawab dari pertanyaaan-pertanyaan selama ini mereka butuhkan).

Ian Berangkat ke Pulau Bawean

Awalnya Rusa minder, apa iya orang asing, termasuk Ian, mau berangkat ke Bawean? Secara di sana, kalau menurut Rusa sendiri emang belum layak dikunjungi untuk wisatawan, kerena belum ada fasilitas umum yang memadai, karena memang pulau Bawean sendiri belum dibangun untuk tempat wisata, di luar keindahan yang dimiliki pulau Bawean tentunya. Ternyata Rusa salah besar, tidak semua wisatawan yang menginginkan seperti yang Rusa fikirkan. Ian adalah wisatawan yang memang suka tantangan, dia suka sekali mengunjungi pulau-pulau kecil yang belum banyak dijamah wisatawan asing, dia tidak mempermasalahkan naik kapal 3 jam maupun lebih, dengan hotel yang seadanya dan dengan keadaaan Bawean yang tentunya masih apa adanya.

Express Bahari 1C di Pelabuhan Gresik

Perjalanan Pulang dari Bawean – Gresik

Yay, akhirnya diputuskan untuk Ian berangkat ke Bawean 26 Maret lalu sesuai jadwal cutinya. Ian berangkat ke Bawean dengan kapal Express Bahari 1C, FYI dia berangkat ke Bawean dengan pesan tiket sendiri melalui telepon ke agen resminya Express Bahari yang di Gresik, tiket diambil 1 jam sebelum jam keberangkatan, tanpa bantuan Rusa ternyata Ian sudah sukses booking tiketnya, dan tentunya tanpa harus repot-repot ambil tiketnya dulu, karena tiket diambil di hari H di pelabuhan Gresik. Yup tak seribet yang dibayangkan kan!

Untuk kemudahan Ian jalan-jalan menikmati indahnya pulauku Bawean yang menakjubkan, Rusa udah sediain temen yang bisa nemenin jalan-jalan di sana. Karena di kampung Rusa, punya sodara, temen plus tetangga, yang cocok banget untuk nemenin orang asing jalan-jalan di sana, secara dia tau banyak tentang tempat-tempat yang indah, dan apa aja yng dibutuhkan wisatawan. Rusa aja kalo pas mudik, yang neminin jalan-jalan aja dia. Hehe

Ian di Bawean

Oke, kembali ke cerita tentang Ian di Bawean, dia di Bawean selama 4 hari, termasuk perjalanan pulang dan perginya. Berangkat dari pelabuhan Gresik pagi, jam 12 siang dia udah nyampek Bawean, pulang hari Selasa pagi dari Bawean. Yah, emang singkat benget untuk menikmati seluruh keindahan pulau Bawean dengan cuma 4 hari :( tapi gak papa, dia janji katanya pasti akan kembali ke sana lagi. Dia bilang dalam waktu singkat dan 1 hari yang sama, menikmati kota Surabaya yang penuh pulusi beberapa jam kemudian sudah ada di pulau indah yang masih alami banget.

Tanjung Gaang Bawean

Di Penangkaran Rusa Bawean

Di Bawean, Ian ke Tanjung Gaang, menikmati ikan bakar di deket pantai Tanjung Kima, ke Penangkaran Rusa, menikmati Air Terjun Laccar, menikmati pemandangan sawah yang Indah diperjalanan dari Air Terjun Laccar ke Danau Kastoba, ke Air Panas Bawean, ke Danau Kastoba, mampir ke kampungnya Rusa (sekaligus menikmati Ayam Bakar, dengan bumbunya yang katanya Ian enak banget), jalan-jalan ke Pasar Sangkapura.

Sepertinya memang banyak banget tempat-tempat yang belum di kunjungi Ian, termasuk Pantai Bayangkara, Pantai Labuhan, Patai Ria, Pulau Gili, Pulau Noko, Pulau Cina dan masih banyak yang lainnya. Sayang banget ya, padahal yang dia suka ada pulau-pulau kecil, termasuk pulau Gili, dia gagal ke situ, karena ombak yang tak memadai dan tentunya waktu yang cuti yang singkat. Tapi yang pasti,  Ian,sudah mengelilingi jalan lingkar Bawean.

Di Air Terjun laccar Bawean

Perjalan Pulang dari Air Terjun Laccar

Danau Kastoba Bawean

Overall seperti SMS Ian saat di Bawean dan saat dia udah nyampek Surabaya, dia puas banget katanya, dia suka banget sama pulauku Bawean, orang Bawean ramah-ramah dan murah senyum, dan tentunya tempat-tempatnya asik banget. Dengan gaya Suroboyoan di bilang “Pokoknya asik puoll, puoll puoll!”

Jangan Ajak Orang ke Bawean

Ketika ditanya, apa sih yang kira-kira Ian ingin sampaikan kepada orang, bahwa kalian harus ke Pulau Bawean? Dia malah menjawab “Ah jangan ah, jangan kasih tau banyak orang, Biarlah pulau Bawean menjadi rahasia” dia tidak mau Bawean banyak dikunjungi orang katanya, dan akhirnya gak damai dan jadi rusak. Hehe. lucu juga tuh orang Inggris.

Masalah oleh-oleh, sempat dia tak bisa bawa oleh-oleh yang telah disarankan temen yang menemani dia di Bawean, tapi berkat usaha di last minute sebelum kapal berangkat, dia nemu nenek-nenek mau ke pasar bawa Tiker Bawean, yup dia mendapatkan oleh-oleh itu.

Tikar Pandan oleh-oleh Ian dari Bawean

Oleh-oleh Ian buat Rusa :)

Makasih Ian buat cerita lengkapnya yang telah ke Bawean, dan tak lupa, makasih juga oleh-oleh Kerupuk Ikan Tongkol dan Abon ikannya. Hehe lucu juga Rusa yang dari Bawean, dikasih oleh-oleh dari Bawean, dari orang Inggris. Hehe

Banyak sebenanarnya bisa diceritakan di sini, tapi sepertinya sudah kepanjangan, hehe. Termasuk foto-foto, sebernarnya banyak foto-foto yang bagus-bagus yang bisa dipamerin di sini.

Ok deh, tunggu postingan selanjutnya tentang Visit Bawean, akan Rusa ceritakan satu-persatu, termasuk bagaiman kita pergi ke Bawean.

Share yuuk..
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

80 Comments - Add Comment

Reply


nine + 4 =