Terminator Salvation | Perang Manusia Melawan Robot

terminator-salvation1Terus terang, saya belum pernah nonton film Terminator dari seri-seri sebelumnya. Saya baru punya kesempatan nonton untuk seri yang ke 4 ini, Terminator Salvation.

Terminator Salvation dibuka dengan cerita dengan setting waktu tahun 2003 bahwa ada seorang tahanan terhukum mati bernama Marcus Wright (Sam Worthington) diminta secara sukarela untuk mendonorkan tubuhnya untuk ilmu pengetahuan.

Kemudian waktu meloncat ke 15 tahun kemudian yaitu tahun 2018, dan di tahun inilah cerita inti dalam film ini. Dimana pada tahun ini keadaan lagi kiamat dan terjadi peperangan antara manusia dengan mesin atau robot ciptaan Skynet.

Jadi inti pemasalahan dalam film ini adalah pertarungan antara manusia melawan robot-robot terminator ciptaan Skynet tersebut. Pertarungan demi pertarungan antara manusia melawan serangan sang robot yang menjadi tontonan yang seru dan membuat penoton terpengangah.

Bentuk dan desain robotnya bermacam-macam, unik dan canggih-canggih, bahkan saking canggihnya robot-robot tersebut sampai bisa mendeteksi data sasarannya. Hmmm sungguh mengagumkan.

Kembali ke permasalahan manusia, di kubu manusia muncullah tokoh bernama John Connor (Christian Bale). Tokoh ini berperan penting karena sebagai koordinator bagian pemberontak melawan robot Skynet tersebut. Namun Connor mengetahui bahwa dirinya adalah target utama nomor dua Skynet, sedangkan nomor satunya adalah Kyle Reese (Anton Yelchin), yang merupakan ayah dari Connor (hmmm yang ini saya bingung, karena Kyle Reese di sini jauh lebih muda dibanding Connor.

Adegan kembali lagi dengan munculnya Marcus Wright. Akhirnya Marcus bertemu dengan Kyle yang merupakan pemberontak bagian Los Anglas dan Star (Jadagrace) yang merupakan bocah bisu yang akhirnya sedikit membantu kisah perjalanan Kyle. Dan ternyata, ceritanya Marcus adalah robot ciptaan Skynet yang diutus untuk memusnahkan target utamanya. Tapi untungnya Marcus sendiri lebih berpihak pada manusia dan bertolak belakang pada Skynet.

Dan akhirnya film berakhir kemenangan di pihak manusia.

Komentar saya: Alur film ini berjalan sangat cepat, begitu juga adegan-adegannya. Dari adegan satu ke adegan yang lain jalannya sangat cepat, ditambah lagi sound yang menurut saya cukup bisa mengejutkan. Jeleknya sering sekali pengambilan gambarnya yang terlalu dizoom dan kebiasaan mengclose up objek di depan kamera. Hasilnya banyak gambar yang kadang terlihat mengganggu pandangan.

Akting pemain keseluruhan bisa dikatakan tidak mengecewakan, ditambah dengan keberadaan Christian Bale yang lebih dulu di Batman The Dark Knight, menambah nilai plus untuk film ini.

Saya tidak tahu, kebetulan atau tidak, nonton film ini membuat saya memanggil kembali memori saya saat nonton film The Day The Earth Stood Still yang pernah tayang di akhir tahun 2008. Walau pun ide cerita berbeda, menurut saya cara menceritakannya kedua film ini sedikit ada kemiripan. Sekali lagi maaf, saya tidak menilai film ini mirip denga The Day The Eart Stood Still (TDTESS). Seperti:

  • Keberadaan tokoh Marcus di Terminator 4 seperti keberadaan tokoh Klaatu di TDTESS
  • Kalau di TDTESS ada tokoh Helen Benson (Jennifer Connelly) yang membantu tokoh Klaatu di Terminator 4 ada tokoh yang dimainkan oleh Moon Bloodgood untuk membantu tokoh Marcus.
  • Jika di TDTESS ada tokoh kecil yang juga ikut membantu di Terminator 4 juga anak kecilnya yang juga membantu

maaf ya jika salah, karena di atas hanyalah analisa asal-asalan saya saja.

Tidak ada takdir yang tidak bisa dirubah

itulah pesan moral yang saya tangkap diakhir cerita film ini. Sungguh film yang berdurasi kurang lebih 2 jam ini, ditutup dengan indah dengan ucapan John Connor tersebut.

Kesimpulannya, buat anda yang suka film action apalagi anda penggemar film Terminator, film ini sayang jika dilewatkan. Tapi buat saya, film ini masih belum bisa masuk daftar film favorit saya.

Keterangan Film
Jenis Film : Action
Produser : Derek Anderson, Victor Kubicek, Moritz Borman
Produksi : Sony Pictures
Pemain : Christian Bale, Sam Worthington , Anton Yelchin, Bryce Dallas Howard, Moon Bloodgood, Helena Bonham Carter
Sutradara : Mcg
Penulis : Michael Ferris, John Brancato, Paul Haggis

Gambar: saya ambil di sini

Share yuuk..
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

61 Comments - Add Comment

Reply


− 6 = three