#Surabaya718, Surabayamu Kini

Masih ingat ketika Juli 2005, Rusa secara terpaksa dari Gresik harus pindah ke perbatasan antara Surabaya dan Sidoarjo yup Bungurasih. Kalau waktu itu Rusa diminta memilih, pasti Rusa akan pilih untuk kuliah di luar negeri dari pada harus bekerja di Bungurasih. Tapi karena Rusa belum mampu untuk memilih pilihan pertama itu, yah secara terpaksa harus bekerja mencari nafkah untuk menyambung hidup di Bungurasih dengan jadi calo tiket 😀

Awalnya Rusa gak betah banget beradaptasi dengan yang namanya Bungurasih ini, ramai banget dan penuh dengan hiruk pikuk dengan aktifitas terminal. Walau gak benar-benar berada di dalam kawasan terminal, tapi tetap merasakan bagaimana ramainya dan kejamnya kota :) Tapi gak menyangka ternyata sekarang Rusa malah cinta dengan kota Pahlawan ini. Yah terus terang saja, sampai saat ini Rusa belum berani memutuskan untuk hijrah ke Jakarta, kota yang bikin stres dengan macet dan banjirnya itu. Walau panasnya Surabaya bikin pusing, tapi Surabaya gak semacet dan sebanjir Jakarta :)

Rusa bersama Suro dan Boyo

Sebagai anak yang kurang gaul, Rusa agak telat mengetahui tempat-tempat dan fenomena menarik di Surabaya. Contohnya Dolly yang terkenal itu. Rusa baru kenal dengan gang fenomenal itu setelah tahun ke berapa gitu, pokoqnya telat de, hehe. Ups tapi jangan salah sangka dulu, Rusa di Dolly gak ngapa-ngapin koq. Suer deh :D. Contoh lain di Monumen Bambu Runcing, katanya di sana, dulunya banyak transaksi semacam Dolly gitu, sayangnya sekarang sudah gak ada lagi, dan Rusa baru tahu kalo di situ ada begitu (hehe) baru 1 tahun terakhir ini yang tentunya sudah tidak ada lagi hal begituan di situ.

Loh dari tadi koq yang mesum-mesum doank ya? ok coba kita berganti ke kuliner. Ada yang berkomentar kalau Surabaya adalah kota surganya kuliner, hal ini dikarenakan di Surabaya banyak banget makanan dan jajanan enak. Yup sebut saja Lontong Balap, Lontong Kupang, Rujak Cingur, Bubur Semanggi, aneka Bebek Goreng, bakso pecel dll.  Macam-macam kuliner yang Rusa sebutkan tadi sudah tidak asing buat Rusa, kecuali Bubur Semanggi yang rasanya aneh buat Rusa, baru Rusa coba saat di Pasar Malem Tjap Toenjoengan waktu lalu.

Bingung ya kalau ditanya tempat wisata apa aja di Surabaya? Di twitter Saja Rusa coba lempar pertanyaan bahkan ada yang menjawab malll. Yap, Mall emang banyak banget bermunculan di Surabaya, belum 5 tahun ini aja sudah beberapa mall yang sudah mentereng menggusur lahan-lahan di Surabaya. Sebut saja, Royal Plaza, City of Tomoroow (cito), Surabaya Twon Square (Sutos), Grand City, dan bahkan ada juga mall yang namanya saja baru dengar, East Cost dan Lenmark. Yaelah mall-mall baru selalu bermunculan mengalahkan jumlahnya tempat wisata. Coba kita hitung apa aja ya tempat wisatanya? Monumen Kapal Selam, Wisata Mangrove, Kebun Binatang Surabaya (yang ada Rusa Banwean-nya). Bahkan setelah Rusa lempar pertanyaan di Twitter @jamalmuttaqin @luxsman menyebutkan Dolly atau Dollywod merupakan salah satu tempat wisata Surabaya *seruduk dua-duanya* Rusa sih pernah ke House of Sampoerna, Tugu Pahlawan, yang ada Museum-nya juga, dan wisata religi Sunan Ampel.

Yang perlu dikagumi dari Surabaya adalah taman kotanya, begitu juga yang ditwitkan oleh @Anggi63. Surabaya banyak banget punya yang namanya taman kota, seabrek taman kota ada di seluruh pelosok kota Surabaya. Di antaranya adalah Taman Bungkul, Taman Flora yg ada (Rusa Bawean-nya), Taman Pelangi atau Taman Dolog, Taman Lansia, Taman Hiburan Rakyat, Taman Apsari, Taman Mundu, Taman Prestasi, Taman Hiburan Rakyat sampai pada Taman Korea Indonesia

Ternyata Surabaya sekarang lagi ulang tahun yang ke 718. Selamat ulang tahun kota Surabaya. Dalam ulang tahun yang ke 718 ini Rusa berharap kota Surabaya berkembang lebih baik dan lebih maju, menjadi kota yang green and clean sesuai mottonya. Semoga lebih banyak lagi arek-arek Surabaya yang menginspirasi Indonesia bahkan sampai Dunia.

Gak cukup 1 postingan kalau mau ngomongin serunya kota Surabaya :) Makasih buat teman-teman Twitter yang ikut berpartisi memberikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan Rusa mengenai kota Surabaya. Makasih buat:

@ElianGiovani @aRaiNgeTwit @imammtq @frenavit @alvidotoro @luxsman @msfathoni @ElianGiovani @Anggi63  @wanitajahat @ElianGiovani @ceps_  @dita_akw  @titiesurya  @Gharud @jamalmuttaqin @bennychandra @dita_akw  @ariefmw  @mbudz_corner @bramadr @radenmasyoi  @prasetyoh @zizarfan @radenmasyoi @Gharud @aldaazza @azizhaddi @guruhnusantara @ElianGiovani  @Gharud @nonawiina  @dhodie @radenmasyoi  @efahmi.

Berikut harapan-harapan teman-teman yang menyampaikannya melalu pertanyaan yang Rusa lemparkan:

  • @efahmi: punya airport dan terminal bis sendiri di dalam kota, bukan di tetangga 😀 #Surabaya718
  • @radenmasyoi: mugo2 apresiasi seni ne tambah dukur. ojo kalah karo jkt, bdg, yogya.. #Surabaya718
  • @nonawiina: Jalur sepeda dong :) #Surabaya718
  • @Gharud: harapan buat #surabaya718, transportasi publik dibenahi, gedung2 yg mempunyai nilai historis lbh dperhatikan. Ex: St.sby kota
  • @guruhnusantara: makin banyak dihuni pahlawan seperti dulu #Surabaya718
  • @azizhaddi: gedung TOSAN di REALISASIKAN #Surabaya718

Bagaimana harapan kamu dengan kota Surabaya di ulang tahunnya yang ke 718? Tulis yuk komen kalian atau twitkan dengan tagar #Surabaya718! Mulai hari ini sampai besok acara puncak perayaan HUT Kota Surabaya, yuk twitkan apa aja tentang Surabaya dengan tagar #Surabaya718!

Share yuuk..
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

41 Comments - Add Comment

Reply


9 + three =