Sisakan Uang Rokok di Bulan Ramadan, untuk Keluarga Miskin

Selama bulan Ramadan, budget rokok perokok biasanya tersisa karena mereka merokok tidak sesering di bulan-bulan lain. Di sisi lain, ada banyak keluarga miskin yang untuk makan saja sulit. Jadi ada yang butuh bantuan dan ada yang bisa bantu. Ini yang membuat Sekar Sosronegoro punya ide untuk membuat sebuah program bernama Sembako Ramadhan.

Sembako Ramadhan

Poster Sembako Ramadhan

Sembako Ramadhan adalah program charity yang mempertemukan sisa uang rokok para perokok dengan kebutuhan pokok orang miskin. Program yang sudah berjalan di tahun ke 3 ini bertujuan untuk mengingatkan perokok bahwa uang yang biasa mereka habiskan untuk rokok itu berarti hidup 1 minggu untuk sebuah keluarga.

Tujuan dari Sembako Ramadhan ini adalah awalnya Sekar merasa gemas para perokok, dan dia tahu berhenti merokok itu tidak gampang karena sudah addicted. Di sisi lain, dia merasa kasian sama orang yang untuk makan saja sulit.
Setelah 2 tahun berjalan di Jakarta dan tahun 2012 lalu berkembang di Surabaya, di tahun ke 3 ini, Sembako Ramadhan sudah ada 4 kota, yakni Jakarta, Surabaya, Bandung dan Yogyakarta.

Bagaimana Cara  Donasi?

Ada 2 cara para perokok bisa mendonasikan sisa uang rokok mereka. Pertama melalui donasi dengan transfer ke rekening BCA 2731823385 atau Bank Mandiri di rekening 117-000-6014948 atas nama Sekar Pandan Wangi. Kode donasi: Jumlah donasi setiap kota diakhiri dengan angka 1 untuk Jakarta, 2 untuk Bandung, 3 untuk Yogyakarta dan 4 untuk Surabaya. Contoh: Rp 100.001 untuk Jakarta. Donasi tidak harus kelipatan Rp 50.000. Selain itu juga bisa donasi melakui celengan/donation box yang ada di beberapa tempat yang bekerjasama dengan Sembako Ramadhan.

Celengan Sembako Ramadhan

Ini contoh celengan ayam yang tersebar di beberapa resto yang bekerjasama dengan Sembako Ramadhan

Tapi donasi terbuka bukan hanya perokok saja, non perokok juga bisa. Jadi buat non perokok yang juga tertarik untuk donasi, tinggal kirim donasi kalian ke seperti yang telah disebutkan di atas.

Jumlah donasi yang masuk akan diupdate di Twitter, Facebook dan website Sembako Ramadhan setiap Minggu. Setelah semua terkumpul, semua dana akan ada update jumlah sembako yang dibeli untuk tiap kota dan ada dokumentasi pembagian sembako. Selain itu, donator juga bisa ikut membagikan sembako ke berbagai lokasi miskin.

Ramadan tahun ini, Sembako Ramadhan dibuka sejak hari pertama puasa 10 Juli hingga 31 Juli 2013 nanti. Jadi masih ada banyak waktu buat kalian yang tertarik untuk donasi. Segera kirim donasi kalian ke rekening atau donastion box yang tersebar di tempat

Pembagian Sembako di Kampung Pemulung Ciputat Tangerang

Sabtu 20 Juli 2013 kemarin, tim Sembako Ramadhan di Jakarta sudah melakukan pembagian sembako pertamanya di Kampung Pemulung gang Mawar Ciputat Tangerang. Ada 62 penerima sumbangan dari keluarga di kampung pemulung tersebut yang mendapatkan sejumlah sembako. Alhamdulillah.

Tim Sembako Ramadhan

Tim Sembako Ramadhan di Ciputat. Sekar Sosoronegoro atas dua dari kanan, dengan hem biru (Foto by @eufselvani)

Setelah ikut pembagian donasi kemarin, Rusa jadi tahu kalau para pemulung itu punya bos, di mana hasil dari barang-barang yang didapatkan dari memulung, disetor ke bosnya. Bahkan menyedihkannya, ternyata dari 1 keluarga, tak banyak yang mereka hasilkan dari jadi pemulung. Ada yang mengaku 1 kepala keluarga cuma bisa menghasilkan Rp. 40 ribu sehari, padahal punya anak 3 yang masih sekolah. Bahkan ada perokok yang menghabiskan uangnya lebih dari Rp. 50 ribu sehari ya. Berbanding terbalik ya?!

Suasana Pembagian Sembako

Suasana pembagian sembako dio kampung Pemulung gang Mawar Ciputat

Bahkan Rusa sempat ngobrol dengan salah satu keluarga pemulung tersebut. Novi seorang ibu, membawa ayahnya bersama tinggal di gubuk mereka, dan suaminya membawa ibunya yang juga sudah tak kalah tua tinggal bersama 3 anak mereka. Total keluarga Novi ada 7  yang tinggal bersama di rumah yang kurang layak tersebut. Sedih banget melihatnya.

Makin sedih, karena ternyata pengakuan Novi, mereka tak sering banget mendapat bantuan seperti Sembako Ramadhan ini. Mereka kadang mendapat bantuan serupa, jika ada pengajian. Tapi tak sering.

Masih banyak lagi keluarga miskin seperti keluarga Novi di Kampung Pemulung yang tak jauh dari kampus UIN Syarif Hidayatullah Ciputat itu. Mari kita kirim donasi buat keluarga miskin seperti mereka. Merokok atau tidak, mari kita ikut donasi!

Info selengkapnya tentang Sembako Ramadhan, bisa cek di websitenya, dan Facebook page, serta akun Twitter di @SembakoRamadhan.

Artikel ini pernah diposting di sini, dengan perubahan dan tambahan seperlunya.

Share yuuk..
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

14 Comments - Add Comment

Reply


five − 3 =