Serunya OSPEK Mahasiswa Baru Unitomo

logo unitomoSejak Selasa (1/9) lalu Unitomo mengadakan penyambutan mahasiswa baru 2009. Kegiatan OSPEK (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus) ini bertujuan memperkenalkan konsep belajar di perguruan tinggi yang berbeda dari cara belajar di sekolah menengah dulu pada konsep kemandirian belajarnya. Selain itu pengenalan kampus yang harus diikuti oleh mahasiswa baru ini memperkenalkan struktur organisasi kampus dan kegiatan-kegiatan yang mungkin bisa diikuti oleh mereka.

Kegiatan dimulai pada hari selasa (2/9) dengan kegiatan briefing dan pembagian kelompok calon mahasiswa dan persiapan pembukaan OSPEK 2009. Acara pembukaan dilaksanakan Kamis (3/9) di depan Gedung F yang dibuka secara resmi oleh Dr. Ulul Albab, MS selaku Rektor Unitomo, didampingi oleh wakil rektor dan para dekan.

Mahasiswa Baru Unitomo 2009 beserta atributnya di OSPEK 2009

Mahasiswa Baru Unitomo 2009 beserta atributnya di OSPEK 2009

Kegiatan selama hampir 3 hari diisi dengan berbagai pemberian materi yaitu: Metodologi Berfikir Ilmiah oleh Dr. Ulul Albab, MS, Kemahasiswaan oleh Drs. Hartopo Eko Putro, M.Si., Training Organisasi oleh Ridho dari cerah Institut, Manajemen Kepemimpinan oleh Yasin, dan beberapa materi penyuluhan Narkoba dan HIV/AIDS oleh LSM Granat Surabaya.

Panas matahari di bulan puasa, tidak menyurutkan semangat Maba Unitomo dalam OSPEK 3-7 September kemaren.

Panas matahari di bulan puasa, tidak menyurutkan semangat Maba Unitomo dalam OSPEK 2009

Seluruh kegiatan “serius” tersebut diselingi dengan berbagai acara pengkondisian dan kegiatan hiburan untuk mengurangi dampak kelelahan pada mahasiswa baru. Seperti halnya tahun lalu, OSPEK kali ini juga dilaksanakan bertepatan dengan bulan puasa, sehingga seluruh kegiatan lebih banyak diadakan di dalam ruangan Ki. Moh Saleh di Gedung F Lantai 5.

Beberapa kegiatan yang membuat mahasiswa baru tertawa terpingkal-pingkal adalah ketika acara perkenalan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). UKM Dayung yang menampilkan drama penyelamatan korban tenggelam di sebuah pantai wisata sempat mengocok perut yang hadir dengan tampilan waria di tepi pantai. Sedangkan Mapalas yang biasanya pada tahun-tahun sebelumnya menampilkan atraksi panjat dinding, kali ini merubah konsep dengan fashion show perlengkapan mereka. Pada acara tersebut ditampilkan peralatan dan perlengkapan berkemah,  panjat dinding, panjat tebing, penelusuran gua, dan arung jeram.

Mulai Senin (7/9) hingga besok, kegiatan mahasiswa baru akan difokuskan pada masing-masing fakultas. Mereka akan mendapatkan materi pembekalan akademik lebih mendalam lagi terkait proses administrasi dan belajar mengajar sesuai jurusan masing-masing mahasiswa. Selamat menjadi mahasiswa yang sejati teman.

Tulisan ini saya Copy Paste langsung dari situs resmi Unitomo yang diposting di sini. Dengan sedikit menganti judulnya.

Gambar saya ambil di sini.

14 thoughts on “Serunya OSPEK Mahasiswa Baru Unitomo

  1. ~noe~

    pengisian acara dengan materi yang sangat jauh dari kesan seram dan bengis dari senior. semoga iklim ini bisa dijaga untuk generasi depannya nanti.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>