Secangkir Kopi untuk Sahabat Customer | Bagaimana Seharusnya Sebuah Pelayanan

Membaca buku how to tapi dengan sebuah cerita sepertinya agak jarang ya. Nah Secangkir Kopi untuk Sahabat Customer adalah buku panduan bagaimana melayani sebuah customer tapi Cyltamia Irawan menuliskannya dengan cara bercerita. Dia menceritakan bagaimana seharusnya seorang pemberi servis yang baik.

Rusa dan Buku Secangkir Kopi

Dalam buku ini disajikan secangkir kopi dengan ceritanya, yang tentunya dalam secangkir banyak hal pelajaran bagaimana seorang pemberi servis melayani customernya. Baik menceritakan pelayanan yang baik yang seharusnya kita tiru,  maupun pelayanan yang buruk, yang seharusnya kita rubah dan ganti dengan saran yang penulis berikan.

Terbagi dalam beberapa tegukan (begitulah Cytamia menyebut setiap babnya), dimana dalam setiap tegukan tak hanya memuat serangkaian cerita sebuah pelayanan, tapi juga ditaburi sebuah pemanis Ilustrasi yang menarik dan dilengkapi pula dengan Insight dan Tips, yang membuat setiap tegukan makin terasa enak (baca: bermanfaat). Insgiht dalam buku yang berhalaman 185 ini adalah komentar dari penulis tentang pelayanan yang diceritakan di awal, yang menambah pemahaman bagaimana maksud dari cerita itu, sedangkan tips adalah, pelajaran yang bisa diambil dalam setiap bab tersebut, yang terdiri saran penulis, jika pembaca mempunyai pengalaman yang sama dalam cerita.

Awalnya, Rusa kira, buku ini adalah buku yang isinya tentang bagaimana seharusnya seorang Cusumer Service pada sebuah perusahaan-perusahaan yang ingin memberikan sebuah pelayanan yang bagus. Tapi tidak, buku ini lengkap yang wajib dimiliki pada setiap pemberi servis, baik pelayan restoran, pelayan Hotel, tentang pelayanan Maskapai yang sering delay penerbangan, pelanan sebuah toko. Juga dijelaskan selain ramah, juga butuhnya ketegasan dalam setiap pelayanan, juga disindir tentang hotline servis yang bikin jengkel. Ada juga bagaimana menghadapi sebuah komplain customer, juga tentang pentingnya sebuah penampilan yang menarik dan meyakinkan.

Dan yang paling Rusa suka adalah di bab “Persaingan Membawa Berkah”. Dimana dalam bab yang ada di akhir-akhir buku ini, tentang bagaimana buruknya sebuah pelayanan publik (pemerintah). Diceritakan banyak bisnis pemerintah yang justru kalah bersaing dengan swasta karena pelayanananya yang buruk. Masih ingat Rusa bagaimana buruknya pelayanan PNS di Kementrian Hukum dan Ham Surabaya, judes dan sama sekali tak ramah (plus oramgmya jelek). Juga pelayanan fotokopi di Koprasi Imigasi Bungurasih yang juga PNS, sama sekali tak ada baik-baiknya. Rusa masih mau menggunakan pelayanan mereka, karena kita tahu sendiri, tak ada swasta di situ. Pelayanan Pemerintah ya begitu kalau memang tak ada pesaing swasta.

Sebelum habis buku ini terbaca, ada bab terakhir yang membahas bagaimana tentang sebuah binis di jalur online. Diceritakan bagaimana seharusnya pebisnis online melayani customernya. Karena yang kita ketahui sendiri, di bisnis online sebuah komplain akan banyak datang jika pelayanan kita cacat sedikit saja. Bagaimana solusinya, tentunya dijawab dengan pandai oleh mbak Cyltamia, yang Rusa pikir beliau adalah artis karena melihat cantiknya foto beliau di cover buku wajib bagi semua pemberi servis ini.

Siapa pun punya bisnis, pelayan dalam sebuah bisnis, untuk semua profesi, wajib punya buku ini, untuk pelayanan yang lebih baik.

Share yuuk..
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

25 Comments - Add Comment

Reply


5 − = three