Save Street Child Surabaya | Yuk Ikutan Peduli Anak Jalanan

Berkat 8 orang keren ini Bunga Edelweiss, Inggrid Widya Pitaloka , Enda W. Wind, Indra Setiawan , Maria ‘Rhea’ N C ,Mulat Titis II, Mulat Titis, dan Arif Fatchurahman pada 6/5 lahirlah Save Street Child Surabaya (SSC Surabaya) saudara dari Save Street Child yang lebih dulu lahir. Dan sekitar 1 minggu sebelumnya datanglah akun dengan nama @SSChildSurabaya mention Rusa di Twitter. Ternyata si admin gak salah orang deh karena memang Rusa berhati mulia, Rusa terhenyut donk untuk gabung ikutan dalam komunitas yang peduli sama teman-teman anak jalanan in #eaeaea.

Minggu 12/6 kemaren, kami yang merasa peduli sama anak jalanan Surabaya, berkumpul di Monumen Kapal Selam (Monkasel) Surabaya untuk membahas SSC Surabaya kedepannya seperti apa. Ternyata Surabaya masih punya banyak orang keren yang mau peduli sama teman-teman anak jalanannya, terbukti saat pertemuan kemaren ada 24 orang yang hadir. Alhamdulillah deh, dan Rusa tentunya optimis akan selalu bertambah setelah semakin dikenalnya SSC Surabaya berkat aksi-aksinya nanti.

Teman-teman Save Street Child Surabaya sedang berembuk

Zoom yang ada Rusa-nya #eaeaea

Dari pertemuan kemaren telah disusun bagaimana bentuk komunitasnya, serta apa aja yang akan kita laksanakan nanti. Telah dibagi beberapa program termasuk program Pendidikan, Seni dan lain sebagainya. Selanjutnya akan dibahas kembali di pertemuan yang akan datang, yaitu di Taman Bungkul pada Jumat 17 Juni jam 15.00. Buat teman-teman yang di Surabaya, kami terbuka untuk siapa saja untuk gabung dengan kami, agar bisa membantu teman-teman anak jalanan yang ada di Surabaya. Yuk gabung dengan kami, datang yuk ke Taman Bungkul sesuai waktu yang telah Rusa sebutin di atas!

Ok, sekarang yuk kenalan lebih jauh tentang Save Street Child!

Save Street Child adalah gerakan komunitas yang berawal dari ide sederhana untuk mengaktualisasikan kepedulian menjadi tindakan, dan tidak rumit. Sehingga tindak nyata benar-benar terwujud tanpa melalui birokrasi dan manipulasi semangat perjuangan awal.

Banyak yang kita lihat, yayasan-yayasan, dan lembaga-lembaga yang peduli anak jalanan mengalami mati suri. Antara kehilangan donatur, relawan, bahkan ide untuk progresif, karena, jalan komunikasi dan aksi mereka satu arah (top-down). Save Street Child mencoba gerakan lain, yakni, mengoptimalkan jaringan orang-per-orang yang peduli, kemudian membuat gerakan mereka sendiri, di lingkungan sekitar mereka. Untuk itu, gerakan ini dinamakan gerakan komunitas.

Tidak perlu bayar iuran, tidak perlu laporan bulanan, tapi, mulailah sekarang. Karena sudah disebutkan tadi, gerakan ini sifatnya desentralistis. Dan tidak ada komando top-down, tapi, kami akan sangat senang melihat kawan-kawan peduli terhadap anak jalanan.

Lalu apa sih goalnya dari Save Street Child itu?
Goal utama dari komunitas ini, selain menyebarkan kepedulian adalah sebagai pusat informasi tentang hal-hal yang berhubungan dengan anak jalanan. Mulai dari rumah singgah, relawan, hingga akses pelatihan-pelatihan untuk pengorganisiran anak jalanan.Save Street Child adalah rumah. Save Street Child adalah tempat berkumpul (melting pot) orang-orang yang peduli anak jalanan. Save Street Child bukan satu-satunya pengomando gerakan. Komando datang dari kamu. iya, kamu ini.Kamu adalah agen perubahan. Kamu adalah manusia yang tercerahkan. Kamu, adalah satu dari sekian orang yang punya waktu untuk memikirkan sesama.

Inilah sebagian yang datang ke Monkasel

Nah Sekarang bagaimana caranya gabung dengan Save Street Child Surabaya? Gampang deh, tinggal kamu like aja Facebook-nya dan follow @SSChildSurabaya di Twitter. Dan silahkan ikuti deh aksi-aksi selanjutnya. Kalian juga bisa bantu ngasih ide dan gagasan di 2 akun social media tersebut. Buat kota lain bagaimana? gak usah hawatir silahkan follow @SaveStreetChild atau juga bisa bikin komunitas yang sama di daerahmu.

Yuk ikutan peduli sama teman-teman anak jalanan!
Share yuuk..
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

86 Comments - Add Comment

Reply


four + 5 =