Pulau Selayar, Pulau Tak Berpenghuni di Bawean

Di pulau Bawean, atau yang biasa disebut Boyan oleh orang Melayu, atau sebutan lain pulau Majeti, pulau Putri dan lain sebagainya, banyak banget pulau-pulau kecil mengelilinginya. Salah satunya yang pertama Rusa kunjungi saat seminggu mudik ke Bawean (23 – 31 Mei) adalah pulau Selayar. Ini disebut pulau kalau air laut lagi pasang, dan hanya disebut gunung biasa kalau air laut lagi surut.

Ini foto pertama paling penting

Selayar atau Lalajar orang Bawean memanggilnya adalah pulau yang cuma terlihat gunung saja dengan tinggi kira-kira 60-70 meter, dengan panjang dan lebar kira-kira 1 kali 2 kilometer. Belum sempat ngukur sih, ini cuma kira-kira saja. Isitimewanya adalah gunung inilah yang pertama menyambut kita ketika turun dari pelabuhan.

Rusa berkunjung ke pulau yang berada di dekat dusun Taubat kecamatan Sangkapura ini tidak sendirian, kebetulan ditemani oleh 5 Pengajar Muda Indonesia Mengajar yang bertugas di Bawean (tanpa Wintang) juga teman ngeblog dulu, Gasa Gafur yang rumahnya gak jauh-jauh amat ke dari pulau ini.

Ini dia pulau Selayar kalau difoto dari bibir pantai di Taubat

Ada semacam tanggul :)

Ini dia setelah menyebrang air laut sedengkul, pulaunya udah dekat

Pemandangan sekitar pulau Selayar

Lalajar!

Pulau Selayar berada di kecamatan Sangkapura, dengan perjalanan sepeda motor kurang lebih 20 menit udah sampai bibir pantai di dusun Taubat. Ke pulau Selayarnya sendiri tinggal nyebrang jalan kaki dengan tempuh kurang lebih 10 menit. Kebetulan bisa nyebrang jalan kaki karena air laut surut di sore hari. Yah Rusa berjalan di laut yang airnya cuma sedengkul saja.

Pulau Selayar lebih dekat

Ini dia pulaunya dari dekat

Ini pemandangan sekitar pulau

 Sangat disarankan ke Selayar saat sore hari, selain bisa nyebrang dengan jalan kaki, juga bisa menikmati indahnya sunset di sini. Aktivitas yang cocok di sini adalah bakar-bakar ikan, huwaa ngiri, sayang pas ke sini mendadak, jadi gak ada persiapan bawa ikan dari rumah. Atau seharusnya beli di deket situ kalau kebetulan ada nelayan yang pulang dari mencari ikan. Kalau beruntung sih.

Pengunungan di Bawean dari pulau Selayar

Selayar ini tak berpenghuni, hanya dihuni oleh monyet-monyet bergelantungan dan burung Raja Udang, dan di pantainya sendiri tak jarang kita akan menemukan beberapa penyu-penyu lucu. Nah, jika kalian ingin berlibur di pulau tak berpenghuni, Selayar cocok banget deh, jadi serasa pulau sendiri.

AYO KE PULAU BAWEAN!!!

Share yuuk..
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

38 Comments - Add Comment

Reply


− 7 = two