Pesta Budaya Jepang di Unitomo

Upacara membuat kue mochi dan chanoyu atau upacara minum teh ala Jepang kemarin kembali dipertunjukkan para mahasiswa Sastra Jepang Universitas Dr Soetomo (Unitomo). Kegiatan itu merupakan bagian dari bunkasai atau pesta budaya Jepang yang kali ini bertema Fuyu Ni Kanshin Suru atau mengagumi musim dingin.

”Tema ini diambil karena saat ini cuaca di Jepang sedang memasuki musim dingin,” ujar Centik Phita Parawaktu, salah seorang panitia.

Panitia mengundang sekitar 600 siswa SMA se-Gerbang Kertasusila. Sebagian siswa juga mengikuti lomba cerdas cermat kebudayaan Jepang, lomba membaca cepat tulisan hiragana, katakana, dan kanji yang disebut dengan rodoku, serta lomba menulis indah kanji atau shodou. Selain itu, masih ada lomba menggambar karakter komik manga dan cosplay.

Jepang di Unitomo

Ada pula demo sugoroku atau permainan ular tangga dan permainan alat musik petik koto atau kecapi khas Jepang. ”Kami ingin mengenalkan seluruh kebudayaan Jepang di sini, bukan hanya tradisi ketika musim semi,” ungkapnya.

Sumber: Unitomo Official

Share yuuk..
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

26 Comments - Add Comment

Reply


one + = 7