Pengalaman Pertama Mengenal Internet

Untuk seorang pelajar di sebuah pulau terpencil yang jauh dari keramaian dankemajuan kota, untuk melihat wujudnya sebuah komputer saja tidak pernah, apalagi mengoprasikannya, apalagi menggunakan internet. Internet sangat asing sekali buat masyarakat terpencil seperti saya waktu itu(tahun 2000). Sungguh gaptek (gagap tekhnologi) masyarakat Bawean waktu itu. Ternyata pembangunan kemajuan belum sampai pada pulau yang letaknya di utara pulau Jawa dan selatan pulau Kalimantan itu.

Akhirnya saya mulai mengenal internet setelah saya hijrah sekolah ke kota Gresik. Memasuki kelas II SMA (tahun 2003), sekolah mengadakan workshop pengenalan internet bekerja sama dengan Telkom Gresik. Dari situlah saya mulai mengenal apa itu internet, bagaimana manfaatnya, bagaimana cara menggunakan intenet dan lain lain. Wuihhh, sungguh senangnya bukan main waktu itu. Saya mulai kenal dengan tekhnologi baru. Internet.

Saya: kelima dari kiri, dapat hadiah kaos karena bisa menjawab pertanyaan dari penyaji pada Internet Gos To Schooll 2003 lalu.

Saya: kelima dari kiri, dapat hadiah kaos karena bisa menjawab pertanyaan dari penyaji pada Internet Gos To Schooll 2003 lalu.

 Setelah dapat mengenalan internet dari Telkom Gresik, saya langsung ingin menjajal canggihnya internet. Katanya internet bisa kirim-kirim email, chatting dan browsing dan sudah dijelaskan apa makna-makna istilah-istilah baru tersebut. Akhirnya saya mulai menjajal di warnet (warung internet) di kota Gresik.

Waw… itulah kesan pertama saya. Saya sangat kagum dengan canggihnya internet. Apa saja ada dan bisa didapatkan di internet. Mulai hal-hal yang baru sampai yang sudah lama sekali pun. Baik informasi yang berupa artikel, gambar, video sampai musik Mp3 juga ada.

Tapi sayang, saya waktu itu masih saja gaptek. Karena masih gaptek, setiap kali ke warnet hanya bolak-balik membuat email saja. Karena untuk membuat email saja saya masih belum berhasil, alhasil ke warnet beberapa kali hanya membuat email saja. Hehehe. Akhirnya berkat buku panduan dari telkom saya berhasil membuat email di yahoo dengan alamat cikno@yahoo.com (email pertama saya waktu itu) . Berhasil membuat email saja sungguh senangnya bukan main. Heehehe. Saking senangnya tak jarang setiap nulis nama di mana pun pasti saya tambahkan alamat email saya itu.

Akhirnya saya mencoba chatting. Pada saat itu masih populernya chatting di mIRC. Wew bisa chatting membuat saya lebih gaya. Lagi-lagi buku panduan dari Telkom sangat membantu saya, karena di buku itu juga dijelaskan istilah-istilah dalam chatting seperti U1 yang bermakna kamu dulu, atau ASL (Age Sex Location), CU (See You) dan lain lain. Dengan chatting saya bisa dapat teman baru dan bisa kenalan dan sharing dengan orang nun jauh di sana.

Selain chatting saya juga asik bermain dengan situs jejaring sosial. Saat itu lagi populer friendster. Sayang di buku yang saya dapat dari Telkom Gresik tidak dijelaskan mengenai friendster, akhirnya tanpa malu saya berani bertanya pada operator warnet. jika ada yang tidak paham tentang friendster itu. Ternyata friendster juga memberikan kepuasan tersendiri, di situ juga bisa berkenalan dengan orang jauh. Serunya lagi dengan friendster saya bisa menemukan teman-teman SMP dulu. Wah memang seru friendster pada waktu itu.

Hmmm.. internet memang menyenangkan. Jelas untuk anak SMA waktu itu (2003) yang jadi tujuan ke warnet adalah hanya ingin chatting dan otak-atik friendster saja. Maklumlah namanya juga masih ABG (Anak Baru Gede), masih suka main-main.

Lain dengan dulu, kini (2009) saya sudah kuliah dan kerja. Sehingga tak lagi keranjingan bermain friendster atau chatting. Jika online di kantor yang banyak saya lakukan adalah update informasi. Situs Portal berisi berita aktual, artikel, dan fasilitas online: DETIK.COM tujuan utama. Karena detik.com lengkap beritanya dan selalu update detik ini juga. Baik berita tekhnhologi, ekonomi, hiburan, olahraga , otomotif dan masih banyak yang lain, detik juga ada forumnya yang cocok  sebagai tempat untuk ngebahas suatu yang lagi banyak diperbincangkan dan juga detik lengkap tersedia fasilitas-fasilitas online.

Kini detik.com sudah mencapai 11 tahun, salut buat detik.com karena masih bertahan di banyaknya persaingan media online, apalagi detik.com makin maju dengan kanal-kanal barunya.

Selamat Ulang Tahun buat detik.com yang ke 11 tahun, semoga makin maju. Aminnn

Share yuuk..
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

72 Comments - Add Comment

Reply


8 − eight =