Pasir Putih Panjang di Pulau Noko

Pulau kecil dengan cuma pasir putih panjang dan semak belukar? Pulau yang tak berpenghuni? Dengan air laut yang berwarna biru dan hijau yang sangat bening? Bisa buat bulan madu di alam terbuka? Yak itu semua ada di pulau Noko salah satu kepulauan di Bawean.

Perjalanan menuju pulau Noko

Pulau Noko terletak bersebelahan dengan pulau Gili (Timur). Bedanya, Gili berpenghuni, sedangkan Noko tidak. Gili termasuk dalam desa Sidodegung Batu kecamatan Sangkapura. Untuk ke Noko atau Gili sebenernya bisa dari mana saja, cuman yang paling dekat bisa masuk melalui Pamona, Sidogedung Batu. Jarak dari Sangkapura kurang lebih 8 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit karena jalan di Bawean yang kurang bagus. Dari Pamona bisa menyewa perahu warga seharga Rp. 150.000 sampai Rp. 200.000 ini sudah termasuk PP Bawean-Gili-Noko-Bawean dan cukup untuk membawa pasukan lebih dari 30 orang.

Menyebrang Bawean-Gili-Noko-Bawean bisa menggunakan perahu seperti ini

Dari Pamona ke pulau Noko atau Gili kurang lebih 5 kilometer, dengan waktu tempuh 30 menit dengan perahu. Nah, di sini kita bisa menikmati jernihnya air laut yang berwarna biru dan hijau di sepanjang perjalanan. Kedalaman air sangat rendah kurang lebih 1 meter dari permukaan laut, jadi terumbu karang sangat terlihat jelas indahnya dari atas perahu.

Permukaan laut yang terlihat jelas karena begitu hijau dan jernih airnya

Apa keistimewaan pulau Noko? Pulau Noko adalah pulau kecil tak berpenghuni dengan sepanjang daratan adalah pasir putih saja, yang ditumbuhi semak belukar. Dengan luas kira-kira 1 kilo persegi, pulau indah ini adalah destinasi nomer 1 di Bawean untuk pecinta pulau kecil, pantai dan pemandangan laut lainnya.

Pulau Noko adalah pasir putih panjang yang ditumbuhi semak belukar

Pulau Noko dengan background pulau gili

Pasir putih di pulau Noko

Melihat pulau Bawean dari pulau Noko

Di Noko tidak ada tempat berteduh dan sumber mata air, jika ingin berlama-lama di sana Rusa sarankan membawa properti seperti tenda dan bekal makanan dan minuman yang bisa langsung dimakan. Akan lebih asyik sih melakukan ritual bakar-bakar, bisa bakar ayam kampung yang dibawa dari rumah, atau membeli ikan segar dari tangkapan nelayang masyarakat Gili. Tapi kalau kamu suka memancing, tidak salahnya mencoba peruntungan dengan memancing di sekitaran Noko.

Disarankan membawa tenda dan melakukan ritual bakar-bakar :)

Bagi yang suka berenang pulau ini tentunya sangat cocok, kamu bisa berenang dan berjemur di sekeliling pulau yang penuh dengan pasir putih yang indah. Hobi snorkeling? Noko juga cocok banget, dengan tentunya bisa membawa perlengkapan sendiri, karena di Bawean belum ada persewaan untuk melihat indahnya bawah laut, walau di Bawean sendiri sangat banyak tempat yang berpotensi menjadi tempat favorit pecinta bawah laut.

Kenzo (2 tahun) main air dan berenang di pulau Noko (foto diambil dengan background pulau Bawean)

Tak ada alasan untuk tidak ke pulau Noko kan? Tapi saran Rusa, jangan kotori pula itu ya, kemaren Rusa ke sana agak sedih karena banyak melihat sampah bekas-bekas wisatawan yang berserakan.

AYO KE BAWEAN! AYU KA BHABIAN!

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (3 votes cast)
Pasir Putih Panjang di Pulau Noko, 5.0 out of 5 based on 3 ratings
Comments
  1. 1 year ago
    • 1 year ago
  2. 1 year ago
  3. 1 year ago
    • 1 year ago
  4. 1 year ago
    • 1 year ago
  5. 1 year ago
    • 1 year ago
  6. 1 year ago
    • 1 year ago
  7. 1 year ago
    • 1 year ago
  8. 1 year ago
    • 1 year ago
      • 1 year ago
  9. 1 year ago
    • 1 year ago
  10. 1 year ago
    • 1 year ago
  11. 1 year ago
  12. 1 year ago
  13. 1 year ago
  14. 1 year ago
  15. 1 year ago
  16. 1 year ago
  17. 1 year ago
  18. 1 year ago
  19. 1 year ago
  20. 1 year ago
  21. 1 year ago
  22. 1 year ago
  23. 1 year ago
  24. 1 year ago
  25. 1 year ago
  26. 1 year ago
  27. 1 year ago
  28. 1 year ago
  29. 1 year ago
  30. 1 year ago
  31. 1 year ago
  32. 1 year ago
  33. 1 year ago
  34. 1 year ago
  35. 1 year ago
  36. 1 year ago
  37. 12 months ago
  38. 11 months ago
  39. 4 months ago
  40. 2 months ago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>