Nyicipin Jajanan di Pasar Malem Tjap Toenjoengan

Selasa kemarin, Rusa bersama teman-teman Komunitas Twitter Surabaya (Surabaya Twitter User Group, @SbyTUG) datang ke acara tahunan yang diselenggarakan Tunjungan Plaza yang juga termasuk dalam rangkaian Hari Jadi kota Surabaya. Yup eventnya adalah Pasar Malem Tjap Toenjoengan, event kuliner yang banyak menyediakan jajanan dan masakan daerah dengan dikemas gaya kampung tempo doeloe.

Gerbang Pasar Malem Tjap Toenjoengan

Suasana Pasar Malem Tjap Toenjoengan

Di Pasar Malem Tjap Toenjongan seru banget, banyak jajanan-jajanan dan masakan-masakan terkenal Surabaya dan daerah lainnya di Jawa Timur. Sampai Rusa dan teman-teman pada bingung mau pilih yang mana. Alhasil berikut yang Rusa dan teman-teman santap di event yang diselenggarakan mulai tanggal 1 sampai 15 Mei ini.

Pertama adalah Surabi Montox, sebenarnya ini bukan jajanan asing buat Rusa, dulu beberapa kali pernah makan, jajanan yang dimasak dengan cara dibakar ini. Cuman bedanya Surabi Montox ini adalah surabi ini dicampur dengan aneka rasa-rasa yang sering kita lihat di jajanan-jajanan modern. Ada dua varian yang Rusa pesan, pertama Surabi Pisang Coklat dan Surabi Ayam Mayonaise. Dua-duanya enak.

Surabi Montox

Bubur Madura

Makanan berikutnya adalah, teman-teman pesan Tahu Pong, Bubur Madura dan Sate Kelopo. Yup Sate Kelopo, baru kali ini makan Sate Kelopo. Isinya sih sate daging sapi dengan dibaluti parutan kelapa. Krena memang suka sama sate, jadi suka-suka aja sih sama sate ini. Tak jauh beda sih sama sate-sate lainnya, bedanya cuma pada parutan kelapa yang nempel pada daging sapi yang dibakar.

Sate Kelopo

Belum puas, akhirnya Rusa pesan Nasi Jamputan. Penasaran gara-gara namanya yang sering Rusa dengar saat orang Surabaya misuh jamput. Ya ampun, sumpah deh nasi ini emang jamput banget. Isinya sih biasa aja ada nasi, tewel, kikil dan cecek. Rasanya yang ada cuma pedas, sumpah deh cuma pedas. Dan harganya Rp. 15.000, langsung deh komentar, jamputtt =))

Nasi Jamputan

Selain itu teman-teman juga pesan Bubur Semanggi dan Pisang Goreng Kipas. Baru kali ini juga nyicipin Bubur Semanggi, sudah sering dengar padahal. Aduh gimana ya, rasanya aneh. Bubur yang bentuk dan warnanya juga aneh. Buburnya dimakan dengan pake kerupuk gitu. Rusa cuma nyicipin sedikit aja, gak enak soalnya πŸ˜€

Bubur Semanggi

Banyak sih sebenarnya makanan-makanan enak di pasar malam ini, tapi banyak juga yang udah pernah dicoba, lagian perut udah gak kuat lagi, jadinya cuma segitu yang Rusa dan teman-teman cicipin di Pasar Malam Tjap Toenjongan.

Tak hanya jajanan dan makanan enak di Pasar Malem Tjap Toenjoengan juga ada beberapa souvenir dan oleh-oleh Surabaya, ada banyak macam-macam baju dan kerajinan dari batik, ada kaos, ada pin mug yang semuanya bertemakan Surabaya. Selain itu di sana juga disediakan hiburan rakyat khas Jawa Timur seperti Ketoprak, Campur Sari, dan Layar Tancap. Pokoknya semuanya ada di event yang Berlokasi di Valet Parkir TP 4 (samping SOGO) ini.

Suasa Pasar Malem

Suasana Pasar Malem

Makasih buatΒ  @mas_dito @jenggez @mythuw @yudithchan @NHAZMONTANA (teman-teman Surabaya Twitter User Group, @SbyTUG) yang udah nemenin Rusa menikmati jajanan-jajanan di Pasar Malem Tjap Toenjongan,Β  sampai jumpa di event yang sama tahun depan ya πŸ˜€

Share yuuk..
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

65 Comments - Add Comment

Reply


6 − five =