Kenangan Kopdar 2012

Sebentar lagi tahun 2012 akan segera berakhir, dan semua yang telah dilalui selama setahun ini akan menjadi kenangan, termasuk kopdar. Yuk, kopdar atau kopi darat, kata lain dari kumpul-kumpul ketemu orang baru adalah hal yang sangat menyenangkan. Bagi blogger dan twitter user atau tweeps sebutan kerennya, kopdar atau tweet up (untuk Twitter) adalah hal yang wajib dilakukan untuk mengenal orang secara nyata di daratan, yang sebelumnya udah dikenal di lautan eh maksudku dikenal di dunia maya.

Kopdar apa aja yang udah Rusa ikuti selama 2012? Siapa aja orang yang baru Rusa temui selama 2012? Yuk cekidot..

Ultah Blogger Ngalam ke 4 #oblongmerahmuda – 7-8 Januari 2012

Ultah Blogger Ngalam membuka 2012 dengan kopdar akbarnya dalam rangka perayaan ulang tahunnya yang ke 4.  Even ini mempertemukan beberapa komunitas blogger seperti Tugu Pahlawan Community Surabaya (TPC), komunitas blogger Surakarta Bengawan, Blogdetik, Dot Semarang, Plat-M Madura, Blogger Bekasi, Blogger Banyumas, Kota Reyog Ponorogo, Blogger Madiun, Blogger Jogja, ASEAN Blogger, Blogger Bojonegoro, Blogger Nusantara, Anging Mammiri Makassar dan tentunya tuan rumah sendiri yaitu Blogger Ngalam.

Huwaa ramenyaa... (Foto by @azizhaddi)

Huwaa ramenyaa… (Foto by @azizhaddi)

Ini di hari ke dua, di depan Balai Kota Malang (Foto by @McXoem)

Ini di hari ke dua, di depan Balai Kota Malang (Foto by @McXoem)

Seperti namanya #oblongmerahmuda Obrolan Blogger Ngalam Mengenang Sejarah Memajukan Budaya, even ini berisi sharing mengenal sejarah dan budaya kota Malang di hari pertama, serta jelajah kota mengelilingi beberapa tempat sejarah dan budaya di kota Malang  pada hari ke dua.

Ultah Dot Semarang – 11 Maret 2012

Bulan Maret adalah bulan di mana Rusa lagi gatel pengen main ke luar kota. Nah, kebetulan lagi ada acara Ultah Dot Semarang, jadilah Rusa berangkat ke Semarangan naik bis.

Foto bersama di dalam Klenteng Sam Poo Kong

Foto bersama di dalam Klenteng Sam Poo Kong (Foto by @Hyudee)

Di sinilah kali pertama bertemu dengan anak-anak Semarang seperti @ThiaSoediro dan @airyz @_uje dan lain-lain. Intip cerita lengkapnya yang sudah Rusa posting di sini.

Kopdar Onliner Surabaya – 1 April 2012

Ini adalah ajang kumpul-kumpul onliner se Surabaya Raya. Di mana ada komunitas blogger, pengguna Twitter, Instagram, pengguna Tumblr, Kaskus Regional Surabaya dan lain-lain. Bertempat di Foodfest Pakuwon City yang letaknya di bagian timur Surabaya ini adalah kopdar yang terbilang sukses. Karena yang datang lebih dari 27 onliner Surabaya. Acara hanya berlangsung dengan ngumpul-ngumpul biasa, ngobrol-ngobrol dan makan-makan.

Kopdar Onliner Surabaya di Foodfest Pakuwon City (Foto by @bukik)

Sebenernya 2013 nanti wajib ada acara serupa yang mengumpulkan seluruh onliner dari Surabaya seperti yang telah diselenggarakan 1 April 2012 lalu ini.

Levitasi Hore Surabaya – 15 April 2012 dan 16 Desember 2012

Setelah berhasil mempengaruhi beberapa teman untuk belajar bikin foto levitasi seperti diposting di sini, dan tren bikin foto levitasi semakin menjamur, dan beberapa komunitas Levitasi Hore lokal makin banyak hadir di daerah, beberapa teman yang punya minat foto melayang ini di Surabaya meminta untuk kenapa gak di Surabaya ada? Akhirnya, setelah dapat restu dari komunitas Levitasi Hore pusat di Jakarta, maka dibikinlah Levitasi Hore Surabaya. Dan kami berhasil kopdar dan photowalk pertama di Taman Bungkul. Horeee!

Ini dia photowalk pertama Levitasi Hore Surabaya di Taman Bungkul

Ini dia photowalk pertama Levitasi Hore Surabaya di Taman Bungkul (Foto by @aukekeke)

Photolwalk pertama yang diselenggarakan tanggal 15 April 2012 lumayan sukses karena berhasil membuat lebih dari 16 orang ikutan.  Cuman, karena belum pada menguasai teknik foto levitasi, hasilnya belum seberapa bagus.

Photowalk ke dua berlangsung 14 Juli 2012, cuma sayang photowalk ketika 2 admin udah berkumpul di Taman Flora lokasi photowalk,  yang dateng cuma 1 orang. Akhirnya kami buyar saja dan photowalk dibatalkan, diganti dengan foto-foto unyu. Hahaha.

Nah yang ini photowalk ke 3 Levitasi Hore Surabaya di Taman Apsari (Foto by @WinduFotonesia)

Nah yang ini photowalk ke 3 Levitasi Hore Surabaya di Taman Apsari (Foto by @WinduFotonesia)

Setelah gagal di photowalk ke dua, Levitasi Hore Surabaya baru mengadakan photowalk lagi 5 bulan berikutnya. Sempat deg-degkan takut gak ada yang datang lagi, tapi dugaanku salah, ternyata photowalk kali ini sukses, karena ada 19 orang yang datang. Dan mereka semua udah pada mahir, baik fotografernya maupun yang berperan sebagai model. Semoga photowalk-photowalk berikutnya makin sukses.

Pesta Komunitas – 16-17 Maret 2012

“Seberapa Pentingkah Berkomunitas?” Pertanyaan besar ini yang mencoba dijawab di even besar berbentuk pameran komunitas di East Atrium Grand City Surabaya. Acara yang merupakan serangkaian peringatan HUT ke 3 dBlogger Suroboyo dan Detik Surabaya Community ini dimeriahkan 12 komunitas online Surabaya seperti komunitas blogger Tugu Pahlawan (TPC), Mozilla Indonesia Community, Fotografer.net, Surabaya Food, Surabaya Web Community, Kaskus Regional Surabaya, Surabaya Koprol Community, Couchsurfing, Save Street Child Surabaya, Mig33ers Surabaya, Bonek Online dan tentunya dBlogger Suroboyo dan Detik Surabaya Community.

Even yang berlangsung selama 2 hari ini lumayan seru karena memberikan ruang dan waktu untuk komunitas-komunitas lokal Surabaya memperkenakan diri kepada masyarakat Surabaya. Sayangnya, Cuma melibatkan sebagian kecil komunitas di Surabaya saja. Semoga tahun depan Pesta Komunitas ada lagi, dengan melibatkan komunitas-komunitas lainnya dan dengan konsep acara yang lebih seru lagi dari sebelumnya.

Festival TIK – 28-29 April 2012    

Pernah punya pengalaman naik bus 27 jam? Rusa pernah donkkk! Berangkat dari Surabaya jam 05.00 pagi tiba di Bandung jam 08.00 pagi waktu setempat. Rusa gak tahu sih kalau Surabaya-Bandung naik bus lamanya bakal segitu, tapi mungkin gak akan selama itu kalau tidak karena busnya beberapa kali berhenti untuk menjemput peserta yang akan datang ke acara Festival TIK di Bandung ini. Ditambah, di perjalanan AC bus sempat rusak, jadinya sekitar 3 jam menunggu bis diperbaiki.

Acara yang bertempat di Gedung Politeknik Telkom Bandung ini merupakan acara dari Relawan TIK. Dan acara ini mengundang beberapa komunitas daerah untuk ikut memeriahkan, seperti halnya Komunitas Blogger Tugu pahlawan (TPC) yang Rusa wakili.

Ada banyak sharing dari kelas-kelas menarik dari orang-orang yang ahli di bidangnya. Sayang Rusa hanya bisa ikut beberapa kelas aja, karena waktunya yang juga bersamaan.

Setelah kabur dari kehirukpikukan acara di Festival TIK (Foto by @McXoem)

Setelah kabur dari kehirukpikukan acara di Festival TIK (Foto by @McXoem)

Ini pengalaman kali pertama ke kota yang terkenal sebagai Lautan Api itu. Di sana sempat haha-hihi norak bareng blogger-blogger seperti Frenavit (Surabaya), Mc Xoem (Malang), Mas Hendri (Solo) dan Nike (Palembang).

Kopdar Sosialita Surabaya – 13 Mei 2012

Aha, ini adalah sejarah perkenalan Rusa dengan teman sepermainan di timeline ini. Kalau yang lain kenalan dulu lewat timeline, lalu kopdar,  sama Sosialita Surabaya ini kopdar dulu, baru jadi teman sepermainan di timeline. Untung aja timelinenya gak norak seperti berisi sara, RT abuser dan twitlongor. Jadi siapa Socialita itu? Beliau adalah Chizta Soedaja pemilik Toko Online Noni Belanda yang jualan panganan dari negeri Belanda yang mahalnya minta-ampun-ngabisin-duit-banget-cuih.

Ini dia Rusa bersama Sang Sosialita Surabaya (Foto by @chiztaa)

Ini dia Rusa bersama Sang Sosialita Surabaya (Foto by @chiztaa)

Kenalan dengan Sosialita ini berlangsung seru, karena ditemani dua teman lainnya yang udah kenal duluan, siapa lagi kalau bukan @dhanzo dan prasetyoh (diurutkan berdasarkan umur yang lebih tua). Mereka udah kenal duluan dengan @chiztaa, dan mereka udah kenal duluan sama Rusa. Kami haha-hihi norak di tengah-tengah keramaian Food Court Grand City yang sampai sekarang jadi tempat favorit untuk kumpul-kumpul hore.

Terus Chizta Soedaja ini asli Sosialita gak sih? #persoalan

Pasar Malem Tjap Toenjoengan – 17 Mei 2012

Siapa yang gak kenal Rahne Putri? Penulis buku best seler Sadgenic yang popular banget di jagat maya bagian Twitter ini memang akrab ditemui dengan username @rahneputri di timeline. Jadilah ketika Rahne kebetulan lagi di Surabaya, banyak yang ngajakin ketemu alias kopdar.

Di depan Pasar Malem Tjap Toenjoengan

Di depan Pasar Malem Tjap Toenjoengan (Foto by @prasetyoh)

Di Dalam lokasi Pasar Malem Tjap Toenjoengan (Foto by @nonawiina)

Di Dalam lokasi Pasar Malem Tjap Toenjoengan (Foto by @nonawiina)

Karena kebetulan di Surabaya ada gawe tahunan Pasar Malem Tjap Toenjoengan, acara yang meriah dengan jajanan khas Jawa Timuran ini akhirnya menjadi lokasi kumpul-kumpul Rahnesia Chapter Surabaya.

Di sini kali pertama ketemu @rahneputri @Karizunique @elna_ dan @BanyuSadewa.

Kopdar Mozilla Surabaya – 27 Juni, 31 Juli dan 29 Agustus 2012

Mozilla Firefox merupakan browser kenamaan dan paling banyak dipakai di Indonesia. Browser yang ikonnya rubah api itu ternyata komunitasnya eksis di Surabaya. Dipimpin oleh representative Benny Chandra yang meruapakan blogger kenamaan Surabaya, Mozilla Surabaya komunitasnya sering mengadakan kopdar hampir setiap bulannya (walau beberapa bulan terakhir ini kosong).

Selama 2012, Kopdar Mozilla Surabaya sudah 3 kali diselenggarakan, dan hebatnya Rusa dari Bawean ini datang di ke 3 kopdar itu. Pertama di selenggarakan di My Kopi O Grand City pada 27 Juni 2012, berikutnya di The Library Café 31 Juli 2012, dan yang terakhir di Dante Café Galaxy Mall 29 Agustus 2012.

Kopdar pertama di My Kopi O Grand City (Foto by @bennychandra)

Kopdar pertama di My Kopi O Grand City (Foto by @bennychandra)

Kopdar ke 2 di The Library Cafe

Kopdar ke 2 di The Library Cafe

Kopdar Mozilla ke 3 di Dante Cafe Galaxy Mall (Foto by @bennychandra)

Kopdar Mozilla ke 3 di Dante Cafe Galaxy Mall (Foto by @bennychandra)

Kopdar yang mempertemukan pengguna dan simpatisan Mozilla Firefox ini pun selalu seru, karena biasanya diadakan di café-café di Surabaya dengan gratis minumaan bagi 20 peserta pertama yang datang, serta gratis Mozilla Gear (stiker, lanyard, pin, pulpen) untuk seluruh peserta. Dan tentunya istimewanya setiap kopdar ada presentasi dari Benny Chandra tentang update perkembangan-perkembangan terbaru dari Mozilla Firefox.

Hoot Up Surabaya – 1 Juli 2012

Ini adalah kopdar dari sebuah aplikasi social media pertama yang diadakan di Surabaya, yak Hootsuite. Setelah sebelumnya sukses di Jakarta dan bandung, Hoot Up pun dibawa ke Surabaya bertajuk “Bagaimana Memanfaatkan Socmed Tools Secara Optimal” dengan mendatangkan Community Coordinator Hootsuite Indonesia, Stephawie Wiriahardja.

Hoot Up Surabaya di Kampus Stikom

Hoot Up Surabaya di Kampus Stikom (Foto by @azizhaddi)

Pake topeng burung hantu bersama-sama (Foto by @azizhaddi)

Pake topeng burung hantu bersama-sama (Foto by @azizhaddi)

Bertempat di Kampus Stikom Surabaya, Hoot Up Surabaya terbilang sukses karena peserta yang datang melebihi jumlah yang ditargetkan. Acaranya pun unik karena peserta yang datang mendapatkan konsumsi jajanan pasar dan makan sore Lontong balap ala Surabaya.

Acara yang berlangsung 1 Juli 2012 inipun ditutup dengan nyanyi bersama “Hoot ayo hoot mlaku mlaku nang Tunjungan, Suite ayo Suite sopo gelem melu aku.”

Kemeriahannya bisa dicek di sini.

XL Net Rally 2012 – 7 Juli

Ini yang ke tiga kalinya event tahunan XL yang aku ikuti. Sejak kali pertama 2010 di Semarang dan yang kedua 2011 masih di kota yang sama, tahun 2012 XL Net rally pindah ke Jogjakarta. Acara masih sama rally ngecek sinyal menggunakan mobil dari Surabaya, dan kopdar di kota tujuan.

Yuk intip cerita lengkapnya di sini.

Kopdar Bareng Mulyono – 11 Juli 2012

#IndonesiaTanpaMulyono #JawaTimurTanpaMulyono #ScumbagMulyono apalagi hashtag yang mengandung Mulyono ini? Mungkin ibaratnya Anggota Dewan, Mulyono ini adalah seorang.. ah aku gak enak harus menyebutnya, yang pasti Mulyono ini adalah orang yang fenomenal lah ya di timeline dengan username @nisankubur.

Mendengar Mulyono akan masuk Surabaya, jadilah kita culik untuk kopdar di Grand City. Kejadian mengagumkan ini terjadi pada hari Rabu Legi tanggal 11 Juli 2012 di saat Surabaya lagi panas-panasnya.

Pertemuan bareng Mulyono terbilang singkat, karena ternyata Putra Kediri ini buru-buru mau melanjutkan perjalanan ke luar kota. Jadinya pertemuan itu hanya sempat minum sinom bertiga dengan @prasetyoh di pojokan Food Court Grand City Surabaya.

Halal Bihalal – 25 Agustus 2012

Setelah 30 hari berpuasa, saatnya saling memaafkan. 5 hari setelah hari lebaran, maka dibikinlah halal bihalal bermodus kumpul-kumpul ini. Bertempat di salah satu cafe di Ciputra World Surabaya, acara berlangsung meriah.

Seperti foto keluarga ya :D

Seperti foto keluarga ya 😀 (Foto by @prasetyoh)

Halal Bihalal Ciputra World (Foto by @prasetyoh)

Halal Bihalal Ciputra World (Foto by @prasetyoh)

Sama halnya dengan kopdar-kopdar lainnya, kopdar ini hanya kumpul-kumpul biasa dalam suasana lebaran, seraya saling memafkan sambil ketemu teman yang akrab ditemui di Twitter. Di sinilah kali pertama ketemu @dsaputrap @DjChivalrous @ftkf dan beberapa teman lainnya.

Social Media Festival – 1-14 Oktober 2012

Social Media Festival adalah even yang diselenggarakan di Jakarta. Nah kebetulan gara-gara ke Jakarta karena hal tertentu, jadilah Rusa bisa ikut acara akbar yang diikuti oleh lebih dari 130 komunitas, 30 start up dan 50 marketplaces ini.

Berlangsung di Gelanggang Renang Senayan pada 12-14 Oktober 2012, even ini pastinya jauh lebih dari kata seru, apalagi kalau bukan bisa ketemu dengan beberapa teman komunitas, dan ratusan teman dunia maya. Di sini kita bisa melihat, ternyata social media sangat berguna dan bermanfaat selain hanya galau-galauan gak penting di timeline. Kita bisa kenalan dengan berbagai komunitas yang belum kita bayangkan sebelumnya, ternyata mereka ada.

Dari kiri ke kanan @Adiitoo @AriePitax @ThiaSoediro @rusabawean (Foto by @AriePitax)

Dari kiri ke kanan @Adiitoo @AriePitax @ThiaSoediro @rusabawean (Foto by @AriePitax)

Siapa aja ya yang ditemui di Socmedfest? Siapa ya? Banyak lah pokoknya. Yang pasti ketmu 3 orang norak @AriePitax @ThiaSoediro dan @Adiitoo yang udah ngajak haha-hihi norak di tengah-tengah keramaian Anak Socmed Sejati.

Cangkruk Nggacor – 9 Desember 2012

Setelah beberapa bulan sebelumnya digelar Pra Cangcor (singkatan dari Cangkruk Nggacor) 9 Desember 2012 kemaren digelar even Cangcor untuk yang pertama. Mengundang Blogger Kuliner tekenal di Surabaya Inijie untuk sharing tentang blog, food dan fotografi, serta juga mengundang Comic asal Surabaya Topenk untuk memeriahkan acara.

Dari sebagian yang datang, sebenernya rame cuma gak foto bersama (Foto by @nhazmontana)

Dari sebagian yang datang, sebenernya rame cuma gak foto bersama (Foto by @nhazmontana)

Cangcor sendiri konsepnya adalah mempertemukan teman-teman yang udah akrab di Twitter untuk cangkruk dan nggacor bareng di dunia nyata. Konsepnya ternyata masih gak jauh-jauh dari sharing-sharing dan ajang kumpul-kumpul biasa. Cuman termnyata Cangcor dibuat lebih fun, dengan MC yang rame @jivatrosidi dan beberapa hiburan termasuk standup comedy dan akustikan.

Acara sih berlangsung seru, cuma disarankan berikutnya pilih tempat yang lebih luas dan bikin peserta yang datang bisa menyatu dan nggacor bersama ya. Sukses terus buat Cangcor, semoga tetap menjadi jadi ajang ketemuannya anak twitter Surabaya dengan bahan nggacoran yang sedang hits di Surabaya. Arek Suroboyo yang pengen ikutan Cangcor, bisa cek timelinennya @cangcor.

 ***

Huwaa ternyata kopdar-kopdar di tahun 2012 gak kalah seru dengan kopdar-kopdar di tahun 2011. Sayang di tahun ini tidak ada kopdar di luar pulau, walau banyak di luar kota seperti Malang, Semarang, Jogjakarta, Bandung sampai Jakarta.

Tahun-tahun di masa blog masih jaya-jayanya pasti akan muncul pertanyaan gini kalau ketemu “Url blognya apa?” tapi 2012 adalah masa Twitter semakin hits, percakapan yang mucul akan seperti ini “Kamu belum follback aku ya?” atau “Akun Twittermu apa? Tak follow ya..” Hehehehe… *diseruduk anak Twitter.*

Kopdar itu menyenangkan, sama halnya silaturrohmi. Bisa menambah teman dan menambah rejeki. Hehehe.

Sampai ketemu di kopdar-kopdar tahun 2013 teman-teman semuaaaa!

Share yuuk..
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

67 Comments - Add Comment

Reply


4 − = two