Kenalan dengan Mangrove Center Tuban

Sudah tahu belum kalau di Tuban ada Mangrove Center? APAAA? Tidah tahu? Sama donk, Rusa pun juga tidak tahu sebelumnya kalau di Tuban ada tempat yang asik, indah dan seru buat foto-foto dan ternyata merupakan  pusat pendidikan lingkungan hidup pesisir dan laut di Kabupaten Tuban Jawa Timur. Rusa akhirnya tahu karena diajak teman Komunitas Nol Sampah (Pak Wawan Some, Mbak Hanie, dan mbak Ais) sama Upit, mengunjungi salah satu tempat asyik di Tuban ini. Ok, biar kenal, mari kita kenalan dengan Mangrove Center Tuban!

Selamat datang di Mangrove Center Tuban

Jalan masuk ke kawasan yang begitu hijau

Mangrove Center Tuban (MCT) ini sebenarnya berawal dari sebuah lembaga kecil pribadi. Adalah pak Ali Mansyur penggagasnya, pemilik dan pendiirinya. Rusa yang mengunjungi tempat yang asik ini pada Jumat 23 Maret kemaren mendapatkan kesempatan untuk ketemu langsung kepada orang yang paling berjasa dalam MCT ini. Bapak yang biasa disapa Pak Ali ini menceritakan awal mula sampai akhirnya tempat ini begitu mengagumkan.

Diceritakan oleh Pak Ali, awalnya cuma berniat menanam mangrove saja, karena rusaknya pantai karena abrasi. Tapi dari tahun ke tahun, akhirnya tempat ini makin berkembang luas sampai akhirnya pada tahun 2000 terkumpul menjadi 12 kelompok tani, dan akhirnya didirikan menjadi LSM Forum Komunitas Peduli Pesisir Pantai Tuban. Hingga pada akhirnya LSM tersebut berkembang lebih luas lagi pada tahun 2005  dengan diresmikan menjadi Mangrove Center Tuban dengan bergerak di bidang perikanan, kehutanan, perternakan dan pendidikan lingkungan. Hingga pada tahun 2011 MCT dikembangkan dengan ditambahi bergerak di bidang tanaman koltikultura.

Asiknya memberi makan ikan, ikannya pada rebutan

Ini dia hutan mangrovenya

Tempat asik ini berada di Pantai Utara Kabupaten Tuban dengan alamat Jl. Raya Tuban-Semarang KM 9 Desa Jenu, Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban Jawa Timur. Cukup kaget Rusa begitu tiba di sana, karea Rusa melihat begitu banyak fasilitas yang oke buat belajar, mulai taman baca, green house, laboratorium alam, balai workshop, balai pertemuan, lokasi pembibitan sampai pada tempat yang bisa dipakai buat camping dan pondokan. Semua sarana-prasana lengkap itu bisa kamu manfaatkan jika tertarik. Cocok banget buat yang ingin mengadakan pelatihan bersifat lingkungan atau semacamnya.

Ada beberapa koleksi buku tentang lingkungan dan mangrove

Balai pertemuan ini biasa dipakai kelompok belajar yangs edang belajar di MCT

Indahnya mata melihat backround dan modelnya

MCT ini kalo sore lumayan rame loh yang mengunjungi, waktu Rusa di sana, Rusa melihat beberapa gerombolan anak muda asik nongkrong di rindangnya pohon-pohon Cemara Laut di dekat pantai, tampak mereka lagi asik main di pantai dan foto-foto. Tak mau kalah juga donk, Rusa juga asik foto-foto di sana, hehehe. Hasilnya seperti yang ada di bawah ini.

Bertanduk bersama Cemara Laut

Ada tempat berteduhnya

Asik banget kan? :D

Pantainya juga asik!

Tak lupa nyobain levitasi

Mangrove Center Tuban ini asik banget deh pokoknya, buat kalian mahasiswa yang ada hubungannya dengan kelautan, perikanan, kehutanan dan lingkungan cocok banget deh main ke sini. MCT juga menyediakan tempat buat kamu yang ingin magang dan menimba ilmu di sini. Pak Ali Mansyur sendiri mengatakannya, termasuk keapada Upit, mahasiswa Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga Surabaya yang begitu antusias ingin magang di MCT.

Dari kiri ke kanan: Rusa, Upit, Pak Ali, Mbak Hanie dan Mbak Ais

Kalau bukan mahasiswa seperti yang Rusa sebutkan di atas, tapi punya ketertarikan sama alam, mangrove, atau pantai, tak ada salahnya berwisata ke sini. Asik banget pokoknya, Rusa aja jadi pengen camping ke sana.

Ayo, kapan ke Mangrove Center Tuban lagi? 😀

Share yuuk..
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

70 Comments - Add Comment

Reply


5 + two =