Kandang Rusa di Taman Flora Surabaya

Di Surabaya, untuk bisa bertemu rusa, tidak hanya di Kebun Binatang Surabaya (KBS) saja. Karena kandang satwa imut bernama rusa juga terletak di salah satu taman kotanya. Terletak di Taman Flora atau kadang disebut sebagai Kebon Bibit. Taman andalan Surabaya, selain Taman Bungkul.

Bertanduk di kandang Rusa Taman Flora

Taman Flora Surabaya

Taman Flora terletak  tengah kota Surabaya yakni di jalan Manyar no. 80 A, kurang lebih 200 meter dari terminal Bratang. Taman yang penuh dengan pohon rindang ini memiliki luas wilayah 2, 4 hektar. Dengan beraneka fasilitas , wahana hiburan dan edukasi yang tak dimiliki oleh taman kota lain di Surabaya. Di antaranya adalah berbagai jenis sarana bermain, penangkaran beberapa hewan, pendopo yang bisa digunakan acara pentas seni, ruang baca, Broadband Learning Center, wifi gratis, dan outbound yang luas serta bisa dipake sebagai area perkemahan. Tak ketinggalan toilet sampai musholla juga ada. Selain terdapat ratusan spesiaes tanaman, di Taman Flora  juga terdapat kolam yang penuhi beberapa spesies ikan dan juga air mancur. Seru kan?!

Taman Flora

Taman Flora

Taman Flora

Taman yang diresmikan Agustus 2007 ini, cocok banget digunakan sebagai tempat rekreasi, olahraga, edukasi dan lain-lain. Ya selama ini telah dimanfaatkan demikian sih. Taman ini tak pernah sepi, apalagi di hari Minggu dan hari libur nasional #LahTerusRus?

Keistimewaan dari Taman Flora lainnya tentunya adalah karena ada 2 kandang rusa di sisi utara taman. Yaitu kandang rusa Bawean (Axis kuhlii) dan rusa Tutul (Axis axis). Jumlah rusa-rusa di sini tak banyak (lupa menghitung) kurang lebih sekitaran 7-10 per kandang.

Sama halnya dengan kandang rusa di Kebun Bintang Gembira Loka Jogja, di depan kandang terdapat pakan, di mana pengunjung bisa memberi pakan ke pada rusa-rusa imut itu. Yang tentunya rusa-rusa di Taman Flora tak tampak akan seperti kelaparan. Ya paling tidak, tak pernah kita temukan isu aneh-aneh mengenai rusa di Taman Flora ini. Baik mati kelaparan dan kehausan seperti di Taman Monas, atau keliaran sampai kabur ke jalan raya seperti di KBS.

7

Rusa Bawean di Taman Flora

Sebenernya agak kasihan juga sih melihat rusa-rusa imut itu harus tinggal di kandang yang persis bersebalahan di jalan raya. Karena sisi utara Taman Flora merupakan jalan raya yang padat kendaraan. Kalau boleh saran sih, kandang rusa di Taman Flora dipindahkan saja ke sisi selatan. Karena selain yang lebih rindang, sisi selatan Taman Flora bukan jalan raya yang penuh lalu lalang kendaraan. Kasian kan hidupnya rusa-rusa itu. Pasti merasa berisik 24 jam 7 hari seumumr hidup.

Tentunya rusa-rusa di kandang Taman Flora Surabaya ini adalah spesies rusa yang sudah jinak, dan tak takut lagi dengan manusia. Lain halnya rusa-rusa di penangkaran Boto Gebbhang Bawean.

Rusa Memberi Makan Rusa

Rusa Bawean dan Rusa Bawean

Semoga berikutnya, Taman Flora menjadi lebih baik dan makin asri lagi. Dan kandang rusanya menjadi lebih rindang lagi dan lebih hijau dari sekarang. Walau sekarang sudah rindang dan hijau.

Taman Flora, adalah taman yang satu-satunya taman yang dikeliling pagar di Surabaya. Tapi masuk ke taman yang bebas dari anak muda yang lagi pacaran ini adalah tetap gratis. Tidak dipungut biaya. Selain bebas dari anak muda pacaran, Taman Flora juga bebas dari pedagang asongan. Semua pedagang berada di area luar taman.

Taman yang indah, asri dan hijau. Tempat favorit anak muda berkumpul untuk hal yang positif, tempat favorit siswa dan guru mengadakan kegiatan bertemakan lingkungan, dan tempat hiburan favorit keluarga. Semoga makin banyak lagi taman-taman keren di Surabaya.

Share yuuk..
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

28 Comments - Add Comment

Reply


7 − seven =