Kampanye Earth Hour Surabaya 2012

Car Free Day, yak Car Free Day (CFD) emang lagi hits banget di beberapa kota besar di Indonesia, termasuk di Surabaya. Bahkan di Surabaya kini tak lagi cuma di Taman Bungkul jalan Raya Darmo saja, tapi sekarang di Jalan Tunjungan dan Jalan Kertajaya sudah ada area bebas kendaraan bermotor juga walau gak setiap Minggu seperti di Taman Bungkul.

Di CFD sekarang yang kita lihat gak cuman orang-orang yang bersepeda ria, atau jogging dan kegiatan olahraga lainnya, tapi juga dimanfaatkan untuk kampanye cinta lingkungan dan gaya hidup sehat oleh beberapa komunitas yang ada di Surabaya. Pun volenteer Earth Hour yang tahun ini punya gawe tanggal 31 Maret nanti, di mana mengajak masyarakat untuk ikut mematikan lampu dan alat-alat elektronik lainnya di jam 20.30-21.30.

Ini dia teman-teman Bonek dan Bonita yang membantu kampanye

Mewakili dari Surabaya Twitter User Group dan Blogger Tugu Pahlawan Community (TPC) Rusa juga ikut menjadi volunteer Earth Hour Surabaya seperti tahun lalu, dan Minggu 26 Februari kemaren Rusa juga ikut meramaikan (meramaikan aja sih) kampanye Earth Hour Surabaya di CFD Taman Bungkul. Ini adalah kali ke 3 tim Earth Hour Surabaya melakukan kampanye di CFD, pertama 12 Februari di CFD Tunjungan, sedangkan yang ke 2 adalah 19 Februari di CFD Kertajaya.

Mengajak Daftar dan Partisipasi Earth Hour 2012

Seperti pada tahun sebelumnya, volunteer Earth Hour menyediakan booth khusus di area CFD biar masyarakat yang sedang ada di area CFD bisa langsung daftar on the spot. Selain itu para volunteer yang beranggotakan dari beberapa komunnitas cinta lingkungan ini adalah menjelaskan apa itu Earth Hour dan juga mengajak mereka bergaya hidup sehat dan ramah lingkungan. Volunteer mengelilingi area CFD dengan membawa poster yang bertuliskan poin-poin gaya ramah klingkungan juga mengingatkan agar ikut partisipasi mematikan lampu dan alat-alat elektronik yang tidak terpakai pada 31 Maret jam 20.30-21.30 nanti.

Inilah teman-teman yang mengajak masyarakat di Taman Bungkul untuk partisipasi di Earth Hour 2012

Masyarakat Surabaya sign up in the spot di CFD

Dari hasil kampanye selama ini dari 3 kali CFD, sudah ada lebih dari 300-an orang yang sudah daftar dan komintmen untuk ikut melakukan aksi mematikan lampu dan alat-alat elektronik yang tidak terpakai pada 31 Maret jam 20.30-2130 nanti. Huwaw ini luar biasa, masih banyak sisa waktu untuk mengumpulkan orang lebih banyak lagi yang ikut berpartisipasi.

Rampok Tas Kresek

Tak hanya mengajak daftar partisipasi Earth Hour kepada masyarakat Surabaya yang ikut CFD di Taman Bungkul, beberapa komunitas yang jadi volunteer Earth Hour Surabaya juga melakukan aksi “perampasan” tas kresek yang digunakan oleh beberapa orang yang bersepeda dan lalu lalang di sekitaran Taman Bungkul untuk mengantongi barang bawaannya.

Lain kali jangan pake tras kresek ya dek, pake ini aja!

Ibu ini senyum bahagia setelah tas kreseknya diganti dengan tas kain

Diinisiasi oleh komunitas Nol Sampah, hal ini juga dalam rangka memperingati Hari Sampah 2012,  yang jatuh pada tanggal 21 Februari kemaren. Aksi “Rampok Tas Kresek” ini juga dibantu oleh komunitas lain seperti Bonek Garis Hijau, Bonita (Bonek Wanita), Dewan Kota Surabaya, Ecoton, Parkour, Rumah Mangrove Surabaya, KopHi Surabaya, Surabaya Twitter User Group, Blogger Tugu Pahlawan,  dan lain-lain. Mereka merampas tas kresek yang digunakan masyarakat di CFD, terus banggantinya dengan tas yang lebih ramah lingkungan, yang sudah dibikin dan didesain khusus oleh komunitas Nol Sampah.

Kenapa Plastik menjadi perhatian pada peringatan Hari Sampah 2012? Seperti dituturkan mas Wawan Some, ketua komunitas Nol Sampah, dari tahun ke tahun pemakaian plastik cenderung meningkat. Data Kementerian Lingkungan hidup, komposisi sampah plastik di kota-kota besar seperti Surabaya dan bandung meningkat sejak tahun 2000.  Salah satu sampah plastik yang perlu diperhatikan adalah tas kresek. Selain karena pemakaiannya yang terus meningkat, tas kresek juga berdampak buruk bagi lingkungan dan berbahaya bagi kesehatan manusia, begitu katanya mas-mas yang rajin banget mengkampanyekan diet kantong plastik dan pengurangan sampah ini.

Di kanan Kiri Rusa itu Miss dan Mr Plastik

Sepedanya pinjam sih :3

Untuk tahun ini, masa kampanye Earth Hour punya waktu lebih panjang dibanding tahun lalu. Tahun lalu, aksi mematikan lampunya tanggal 26 Maret, sedangkan tanggal 26 Februari baru workshop dari WWF untuk volunteer di Surabaya. Tapi untuk tahun ini kita sudah workshop lebih awal 11 Februari kemaren, sedangkan aksi mematikan lampunya lebih akhir yakni 31 Maret nanti. Jadi kalau dihitung-hitung, waktu kita tahun ini jauh lebih lama untuk kampanyenya. Nah dengan begitu diharapkan semoga tahun ini partisipasi masyarakat lebih banyak dari tahun lalu. Amin.

Ayo semuanya, yuk ikut kampanye Earth Hour, di setiap kota ada koq. Coba follow @EHindonesia di twitter, atau juga follow akun-akun di kotamu seperti @EHSurabaya, @EHSemarang, @EHjogja, @EHSolo, @EHBdg, @EHMalang, @EHMakassar, @EHGorontalo, @EHTangerang, @EHAceh, @EHSamarinda, @EHSangata, @EHKediri, @EHBogor dll dsb dst.

Buat yang di Surabaya, ayo kita ramaikan kampanye Minggu berikutnya 4 Maret di Car Free Day jalan Tunjungan!

Share yuuk..
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

55 Comments - Add Comment

Reply


eight − 4 =