Ini Aksiku! Mana Aksimu Untuk Earth Hour 2012?

Perubahan iklim merupakan salah satu ancaman kehidupan di Bumi yang paling signifikan. Salah satu cara untuk menghambat percepatan sumbernya adalah dengan mengajak setiap individu melakukan perubahan gaya hidup. WWF mengajak publik untuk melakukan perubahan gaya hidup yang sederhana dan murah, yaitu hemat energi.

Ketergantungan manusia kepada listrik dari masa ke masa semakin meningkat. Sementara, pembangkit listrik mayoritas berbahan bakar fosil (minyak bumi, batu bara, dan gas alam) yang mengeluarkan gas rumah kaca (GRK) berupa karbon dioksida (CO2), dan TERBUKTI berakibat langsung terhadap kenaikan dramatis suhu rata-rata Bumi.

Pemanasan global ini menyebabkan naiknya permukaan air laut, kebakaran hutan, pemutihan karang, perubahan iklim, dan potensi kepunahan yang besar terhadap keanekaragaman hayati, terutama yang hidup di suhu tropis, baik di pesisir maupun yang tinggal di dekat hutan. Dampak pemanasan global ini sudah dipastikan akan mempengaruhi lingkungan hidup yang menjadi tempat hidup kita.

Diperlukan suatu kegiatan yang bertujuan mengajak masyarakat luas untuk berpartisipasi melakukan aksi kecil yang dapat membawa perubahan besar. Apa itu yak, mengikuti Earth Hour.

Ok-ok cukup ya ceramahnya, kurang cocok ya Rusa berceramah kan ya? Iya lah ya wong itu aja Rusa salin dari sini koq. Huehehe.

Intinya, tahun ini, Earth Hour akan dilaksanakan pada 31 Maret dan masih di jam yang sama 20.30-21.30, dan tahun ini adalah tahun ke 2 Surabaya melaksanakan kampanye ini. Begitupun Rusa, tahun ini Rusa masih ikut sebagai tim hura-hura dan juga untuk kampanye online, seperti pada tahun lalu.

Mengenai apa itu Earth Hour, pastinya kalian udah pada gak asing ya, ya tapi gak masalah juga sih kalau kalian ada yang baru denger, mungkin mau nyaingin Rusa kali ya bersembunyi di hutan, sampek gak denger apa-apa, etapi Rusa aja yang sering di hutan gak kuper-kuper banget ya belum pernah denger apa itu Earth Hour *dibuang ke hutan*. Ok, kalau masih belum paham benar apa itu Earth Hour, udah Rusa jelasin setahun lalu di sini, dan kenapa logonya 60+ juga udah dijelasin di situ. Kalau kalian tertarik ingin mendukung Earth Hour seperti Rusa, bisa dibaca di sini yang juga udah Rusa tulis setahun yang lalu.

Selain masih tetap menggunakan tigeline “Setelah 1 Jam Jadikan Gaya Hidup”, tahun ini Earth Hour Indonesia menambahkan tagline “Ini Aksiku! Mana Aksimu?”.

Tebak punggungnya siapa!

Untuk memantapkan hal ini, digagas oleh teman teman panitia Earth Hour lokal Surabaya 2012 yang telah mengikuti Kumbang (Kumpul Belajar Bareng) dari WWF-Indonesia selama 4 hari di CICO Resort Bogor, maka diadakanlah hal serupa pada Sabtu 11 Februari kemaren, di Auditorium Kampus STIKOM Surabaya. Acara yang dimulai jam 12.00 ini dihadiri oleh beberapa perwakilan seperti dari Mahasiswa PLH Siklus ITS, Teknik Lingkungan ITATS, Siswa SMKN 5 Surabaya, SMAN 17 Surabaya, SMAN 1 Driyorejo, Komunitas Blogger TPC Surabaya, Surabaya Twitter User Group @SbyTUG, KOPHI (Koalisi Pemuda Hijau Indonesia), Dewan Kota, dbloggersuroboyo, Kaskus Reg. Surabaya, ScAPE Parkour dan AIESEC Surabaya.

Diawali dengan makan siang bersama dengan undangan yang hadir. Setelah itu Sesi Perkenalan dengan games yang menarik dari Mbak Hanie salah satu panitia lokal Earth Hour 2012 membuka acara ini, terlihat para peserta pun sangat menikmati games ini. Setelah itu dilanjutkan dengan acara kilas balik Earth Hour 2011 diharapkan para peserta lebih menjadi tahu apa Earth Hour itu, sesi ini diceritakan oleh koordinator Earth Hour Surabaya 2011 Gilang Permana Seta yang juga menjadi koordinator Earth Hour 2012. Sebuah dokumentasi yang membuat para peserta kagum karena keberhasilan Earth Hour di kota Surabaya dan sebuah video Earth Hour Indonesia 2011 menutup sesi kilas balik ini.

Teman-teman bagian kampanye online sedang serius diskusi

Sesi berikutnya adalah diisi Mas Wawan Some yang menjelaskan materi tentang “Apa sih Earth Hour itu” langsung menyuguhkan video Earth Hour 2012 Global yang membuat decak kagum pada Rusa, dan ingin kembali menjadi bagian dari kegiatan yang pada tahun lalu dipusatkan di Grand City Surabaya. Mas Wawan pun yang juga sebagai aktivis Komunitas Nol Sampah menjelaskan bahwa Earth Hour tidak hanya mematikan lampu atau listrik yang tidak terpakai selama 60 menit, tetapi juga harus melakukan tindakan penghematan energi seperti tidak menggunakan kantong plastik untuk berbelanja, membawa botol minuman sendiri bila kemana mana, sampai penggunaan transportasi massal bila berpergian.

Ini paling penting setiap akhir acara

Yudith, Rusa, Jokowi, Nhaz dan Dito

Sesi terakhir dari acara ini adalah dokumentasi, di mana para peserta Kumbang Earth Hour Surabaya secara bersama-sama menerikakkan tagline Earth Hour Indonesia 2012 “Ini Aksiku! Mana Aksimu?” secara serempak dan dengan penuh semangat, yang kemudian dilanjutkan dengan pembuatan video testimoni dari masing-masing perwakilan komunitas ataupun pelajar/mahasiswa yang ditunjuk. Dan pada akhirnya acara ini pun berakhir tepat jam 16.00 WIB, dari acara ini diharapkan peserta kumbang bisa berkontribusi secara aktif menjadi volunteer Earth Hour Surabaya ke depan.

Rusa bertanduk siap untuk Earth Hour Surabaya 2012

Yeah, gimana? siap untuk Earth Hour 2012? Siap untuk aksi 31 Maret jam 20.30-21.30 nanti? Daftarkan dulu partisipasimu di sini, like  Earth Hour Indonesia di Facebook, follow di Twitter dan sebarkan virus Earth Hour pada teman-teman kamu! Buat yang di Surabaya jangan lupa follow @EHSurabaya untuk update mengenai Earth Hour Surabaya.

Ini Aksiku! Mana Aksimu?

Share yuuk..
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

48 Comments - Add Comment

Reply


3 + nine =