Indonesia Bercerita, Mendidik Melalui Cerita

Masih ingat cerita si Bawang Putih dan Bawang Merah? cerita si Kancil yang Cerdik? dan cerita-cerita lainnya yang jadi dongeng kita waktu kecil? Sadar gak sih sebenarnya cerita-cerita dongeng kita itu gak baik buat buat anak didik kita. Kalau sejak kecil saja kita sudah diberikan cerita yang demikian , apa jadinya kalau kita dewasa. Ya kalau dewasa jadilah seperti kelinci yang licik seperti koruptor, jadi sosok jahat layaknya si bawang merah, dll.

Dengan latar belakang itulah, karena keprihatinannya Budi Setiawan, ingin merubah karakter bangsa, ingin mengubah cerita Indonesia dengan cerita yang lebih mendidik, dilahirkanlah Indonesia Bercerita bersama 5 temannya, @rudicahyo @maya_myworld, @imammtq, @zulsdesign @dwikrid.

Awalnya, Indonesia Bercerita hanya menyediakan podcast (mp3) berisi cerita-cerita yang membebaskan imajinasi anak untuk menemukan diri terbaiknya. Podcast cerita ini dapat diunduh secara gratis. Adanya podcast ini diharapkan adanya penyebaran kebiasaan bercerita sebagai proses pendidikan secara formal maupun informal. Tapi sekarang IDcerita sudah jadi sebuah komunitas, dimana anggotanya tidak hanya bisa mendapatkan atau mengambil mp3 di IDcerita, tapi bisa ikut membuat sebuah cerita yang nantinya akan ikut disebarkan untuk anak Indonesia.

Web Indonesia Bercerita

Nah dalam cerita-cerita yang ada dalam IDcerita adalah cerita yang layak untuk disebarkan adalah cerita yang positif sesuai pohon karakter yang ada dalam IDcerita. Pohon karakter ini merupakan metafor dari profil anak Indonesia yang ideal. Setiap bagian dalam pohon melukiskan kategori karakter dalam diri anak. Semisal, akar melukiskan karakter dasar yang menjadi landasan bagi karakter-karakter yang lain. Daun melukiskan karakter yang berperanan dalam interaksi anak dengan lingkungan sekitar. Setiap karakter dalam pohon tersebut perlu diterjemahkan menjadi cerita anak yang menarik. Sehingga ada banyak cerita anak untuk menumbuhkan sebuah karakter tertentu. Dengan demikian, cerita anak berperan sebagai pembentuk karakter. Inilah yang dimaksud dengan mendidik melalui cerita. Lebih lengkapnya tentang pohon karakter, bisa baca di sini.

Saat wawancara, Rusa dikasih banyak bocoran tentang IDcerita kedepannya, termasuk akan ada beberapa kontes pencerita, dan juga katanya IDcerita tak hanya bercerita untuk anak kecil saja, kedepannya cerita akan lebih luas lagi, karena akan dilengkapi cerita yang beragam dan juga untuk usia yang lebih luas. Bakal ada cerita untuk menunjang mata pelajaran fisika biologi, sampai pada cerita untuk pembelajaran cinta kepada remaja. Ada juga bocoran-bocoran yang lain, katanya sebentar lagi bakal dilaunching aplikasi IDcerita di Blackberry, wew.

Saat rekaman podcast

Siapa sih sebenarnya yang bisa bergabung dengan IDcerita? apakah IDcerita untuk anak kecil saja? oh tidak, IDcerita untuk siapa saja, untuk orang tua yang ingin mendidik anaknya dengan cerita, juga untuk para pendidik di sekolah, buat para anak muda yang peduli dengan masa depan anak bangsa, juga buat anak-anak yang sekarang udah bisa internetan sendiri, bisa langsung gabung di webnya IDcerita, dan sudah bisa langsung menikmati mp3 yang tesedia di sana, juga bisa langsung mengunduhnya.

Sekarang komunitas IDcerita sudah berkembang di 7 kota di Indonesia, diantaranya Semarang (@IDceritaSMG), Bandung (@IDceritaBDG), Malang (@IDCeritaMLG), Jakarta (@IDceritaJKT), Makassar (@IDceritaMKS), Palembang (@IDceritaPLBG), dan Magetan (@IDceritaMGT). Kalian di mana saja berada bisa membuat komunitas pencerita, tak harus IDcerita juga namanya katanya dosen Psikologi Unair yang lebih sering Rusa panggil dengan pak Bukik, seperti id twitternya.

Indonesia Bercerita dan Kelab Penulis Cilik

Belum genap setahun, sejak kelahirannya 28 Oktober 2010 lalu, IDcerita sudah banyak melakukan sepak terjang. Diantaranya adalah sudah pernah ada aksi #22hari220cerita, mereka punya program ’Indonesia Bercerita untuk Merapi’ yakni melakukan terapi cerita ke anak-anak korban bencana Merapi dan menggelar workshop bercerita bagi relawan Merapi, dan baru-baru ini mereka punya Mini Workshop Ayo Bercerita di Sanggar Alang@lang. Dan IDcerita juga sudah mendapatkan penghargaan 5 besar Penerima Aksi Klik Hati (kalian masih bisa mendukung untuk jadi juara dalam Aksi Klik Hati) dan 11 finalis Best Blog Indonesian dalam The BOBs Award 2011 (bisa bantu vote untuk juara pilihan user internet, walau saingan sama Rusa, hehe).

Yup, silahkahkan bergabung dengan Indonesia Bercerita, kalian bisa gabung di Facebooknya, dan ikuti timelinenya di Twitternya, dan silahkan unduh mp3-mp3 gratis di webnya, simpanlah di handphone dan sebarluaskan ke teman-teman kalian.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
Comments
  1. 3 years ago
    • 3 years ago
  2. 3 years ago
    • 3 years ago
  3. 3 years ago
  4. 3 years ago
    • 3 years ago
  5. 3 years ago
    • 3 years ago
    • 3 years ago
  6. 3 years ago
    • 3 years ago
  7. 3 years ago
    • 3 years ago
  8. 3 years ago
    • 3 years ago
  9. 3 years ago
  10. 3 years ago
  11. 3 years ago
  12. 3 years ago
  13. 3 years ago
  14. 3 years ago
  15. 3 years ago
  16. 3 years ago
  17. 3 years ago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>