Ekspedisi Pulau Bawean: Dari Parade Kapal Hias Sampai Pembentangan Batik Massal di Bawah Laut

Bawean punya potensi besar sebagai destinasi wisata bahari unggulan Jawa Timur. Apa saja potensinya? Bisa baca-baca artikel yang sudah pernah dipubish di blog ini.

wpid-wp-1412696821584

Tapi, karena memang belum ada promosi besar-besaran (promosi kecil juga belum sih), Pulau Bawean, pulauku tercinta belum dikenal banyak oleh wisatawan. So, maka dari itu, Dishub Propinsi Jatim bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Propinsi Jatim, Pemkab Gresik, HAPPI dan ITS akan menyelenggarakan Ekspedisi Pulau Bawean.

Ekspedisi Pulau Bawean ini adalah event yang diselenggarakan dalam rangka menyiapkan Bawean sebagai Pulau Ekowisata. Event ini dalam rangka peringatan Hari Nusantara di Jawa Timur yang tahun ini dipusatkan di Pulu Bawean.
Ekspedisi Pulau Bawean akan diselenggarakan pada 23-26 Oktober 2014. Dan berikut detail acaranya:

Hari 1 di Bawean. Sosialisa Peduli Bawean

Hari pertama peserta akan dibawa ke Pulau Gili (Timur). Di Gili kamu akan melakukan kegiatan telusur pesisir dengan pembagian sembako, cek kesehatan, dan pengobatan gratis.

Tentang Gili (Timur), pulau ini adalah pulau kecil di Bawean dengan penduduk terbesar dibanding pulau-pulau kecil lainnya yang mengelilingi Bawean. Pantai di pulau ini sangat bagus dengan sunset yang mempesona. Di dekat Gili ada Pulau Noko Gili dengan hanya pasir putih panjang. Kalau lagi surut, kamu bisa hanya dengan jalan kaki ke pulau ini dari Gili.

Hari 2 di Bawean. Jelajah Bahari

Hari ke-2 kamu akan dibawa ke pantai dengan sejuta pesona bawah laut. Pantai Labuhan dan Lekok Cina. Di sana akan diselenggarakan pembentangan kain batik yang dibawa oleh masing-masing peserta berdasarkan motif daerahnya dan penyelaman pada spot-spot tertentu untuk melihat keindahan bawah laut Bawean. Bayangin, pembentangan batik di bawah laut? Wooooow!

BzKs57ZCUAAxlTz

Salah satu Tim Ekspedisi Pulau Bawean ketika survey pesona bawah laut Bawean (Pic by @ekspedisibawean)

BzKskwlCIAAyze-

Pesona bawah laut Pulau Bawean (Pic by @ekspedisibawean)

Setelah itu bakal ada Parade Kapal Hias, di mana kamu akan berlayar menggunakan kapal hias. Kapal nelayan yang sudah poles sedemikian rupa.

Malamnya bakal ada Maritime Night Spectacular , yang akan ada malam inagurasi penutupan Ekspedisi Bawean dengan aneka hiburan dan pasar rakyat.. Di sini kamu akan lebih dekat dengan masyarakat Bawean di alun-alun Sangkapura. Salah satu dari 2 kecamatan di Bawean. Dan kamu akan menyaksikan hiburan rakyat seperti seni tari tradisional ala Bawean.

Tertarik kan? Mau ikut? Ini syaratnya:
– Diver mahasiswa berlisensi
– 1 tim terdiri dari 4 orang
– Biaya pendaftaran Rp 300.000,00 per orang
– Perlengkapan selam oleh peserta
– Kuota hanya 40 orang atau 10 tim
– Pendaftaran maksimal 19 Oktober 2014
– Formulir dan petunjuk kegiatan bisa diunduh di sini

Info lengkap bisa hubungi:
Lutfi Baihaqie – 0857 3040 4309
Alpin – 0817 075 0570
Atau bisa Twiternya @EkspedisiBawean, atau va Instagramnya di @ekspedisi_bawean.

Share yuuk..
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

14 Comments - Add Comment

Reply


eight − = 2