Di Manakah Pulau Bawean?

37

Setelah sekian lama menggunakan nama Rusa Bawean untuk blog, Twitter, Facebook dan social media lain, orang masih suka bingung, di manakah sebenernya Bawean itu. Kadang juga sering ketika berkenalan, lawan bicara bingung, ketika aku jawab asalnya Bawean. Emang Bawean di mana?

Percakapan-percakapannya  tak jauh-jauh seperti ini:

X: Asli mana mas?

Rusa: Bawean.

X: Oh Madura ya?

Rusa: …. *senyum* Bukan! Bawean itu….

Atau percakapan lain seperti ini,

Y: Koq pake nama Rusa Bawean? Emang Bawean itu di mana?

Rusa: Bawean itu nama pulau.

Y: Pulau? Emang di mana?

Atau percakapan lain begini:

 Z: Asli mana?

Rusa: Bawean.. Gak tau kan?

Z: Tau donk. Di Surabaya kan?

Rusa: Hah? Surabaya? Itu Pabean kalii..

Z: Bukan, jalan di sebelah jalan Jawa itu..

Rusa: Oh itu jalan Bawean :)

Bawean itu bukan di Madura, bukan juga di Surabaya apalagi di Bandung. Kalau di Madura itu Kangean (Pulau Kangean), walau agak mirip dengan Kangean (katanya Budaya dan bahasanya mirip), Bawean bukan termasuk dalam administrasi Madura. Walau juga bahasa mirip Madura, Bawean bukan di Madura. Jauh.

Bawean juga bukan di Surabaya, yang di Surabaya adalah Pabean. Di Surabaya juga ada jl. Bawean. Tapi bukan itu Rusa berasal. Apakah Bawean di Bandung? Itu benar kalau memang jl. Bawean yang hits itu. Rusa sering search “Bawean” di Twitter. Hasilnya kalau gak Jl. Bawean di Surabaya,  ya jl. Bawean di Bandung. Karena nama jalan Bawean tersebut adalah sama-sama jalan hits yang di mana ada tempat nongkrong asik buat anak muda setempat.

Jadi Bawean itu di mana Rus?

Bawean adalah nama pulau. Pulau Bawean. Pulau Bawean paling dekat dengan Gresik, makanya ikut dalam administrasi Kabupaten Gresik Provisi Jawa Timur.  Bawean ini berada di Laut Jawa dengan sekitar 80 Mil atau 120 kilometer utara Gresik. Jadi persisnya Pulau Bawean itu di utara Gresik dan di selatan Pulau Kalimantan. Walau masuk Kabupaten Gresik, dari Gresik nyebrang ke Bawean paling cepat 3 jam pakai kapal cepat, kalau kapal yang biasa bisa sampai 5-7 jam perjalanan.

Letak pulau Bawean di bawah garis panah merah
Pulau Bawean di Google Earth

Letak Bawean sebenernya lurus dengan Karimun Jawa. Kalau Karimun Jawa di utara Jepara, Bawean di utara Gresik. Kalau di Bawean, lagi cuaca buruk dan gelombang gede, di Karimun Jawa pun begitu. Kapal yang mengangkut penumpang juga sama, KM Express Bahari (sampai saat ini). Cuman lebih sering terdengar berita “Bawean teresolasi” “Bawean kehabisan BBM”  “Cuaca buruk, tidak ada kapal yang berani nyebrang ke Bawean” dll, dibanding Karimun Jawa. Mungkin karena memang Bawean lebih besar dengan penduduk jauh lebih banyak.

Harusnya ketika sedang kenalan dan ditanya asalnya mana, sebenernya gak perlu ribet Rusa harus jelaskan dari Bawean, cukup jawab saja “Dari Gresik” tapi gak mau donk, karena Bawean itu adalah pulau, dan tak masuk dalam daratan Gresik. Hehe. Lagian Rusa sendiri tidak hafal betul kalau ditanya tentang Gresik. Dan tentunya tidak bisa mengenalkan Pula Bawean tercinta ke lebih banyak orang lagi.

Sudah tahu kan letak Pulau Bawean di mana? Rusa sih paling sering jawab Bawean di mana dengan jawaban “Bawean adalah pulau, di mana letaknya di utara Gresik dan di selatan pulau Kalimatan. Bawean masuk Kabupaten Gresik”. Begitu.

Tentang pertanyaan di mana letak Bawean itu kadang bisa jadi terjadi percakapan seperti ini:

X: Emang pulau Bawean itu di mana Rus?

Y: *langsung nyamber* Halah! Bawean itu pulau terpencil di atas Jawa, tidak ada di peta. Kalau ada pun itu seperti titik. Gak kelihatan! Bawean gak ada di peta!

Rusa: Iya deh iya! Bawean emang pulau terpencil dan gak da di peta! *manyun*.

Ayu ka Bhabian!

37 COMMENTS

  1. Dwi Wahyudi, khan dua tahun kemarin mas rusa datang ke BN 2011. Gak ketemuan?

    Waaaah masih untung loh ada di google maps atau earth, nganjuk itu lebih mesakne, karena kadang gak ada di gugel maps. Yang ada itu Jombang sama Madiun, di tengah2nya kosong kayak nggak ada kota. Padahal harusnya ada NGANJUK!

    Hih!

    *manyun berjamaah*

  2. dan selain pulau Bawean, masih banyak pulau di Indonesia yang belum dikenal oleh masyarakat Indonesia.
    belum dikenal itu bukannya tidak ada.
    wah jadi ingin ke pulau Bawean …

  3. tulisan perkenalan Bawean yg menarik. Ayo dong posting lagi, dulu kan banyak foto2 Bawean yg dipasang di blog. Sekarang apa yg baru di Bawean? Gimana nasib rencana pengembangan bandaranya? dsb dsb :)

    • Iya nih kak. Kadang pengen posting banyak ttg Bawean, tapi semangatnya kembang kempis. Hehehe..

      Btw, aku belum punya foto baru. Sudah 2 tahun ini kayaknya belum pulang. Huhuhu..
      #RusaTripBawean2014 pokoknya harus terlaksana di awal 2014 nanti :D

  4. Asyik akhir nya ada yg mempromosikan bawean, aku pingin banget bisa berkunjung ke pulau ini tapi jarak nya lumayan jauh :-) hahaha. Kata nya cakep banget nich pulau, banyak pesona terpendam

  5. Kok percakapan yang terakhir sedikit ngotot gituh, kakak..
    Coba kalo aku yang yang ditanya dimana itu Bawean, aku pasti jawab “Tanya aja sama kaka Rusa” :)

  6. Kok percakapan yang terakhir sedikit ngotot gituh, kakak..
    Coba kalo aku yang yang ditanya dimana itu Bawean, aku pasti jawab “Tanya aja sama kaka Rusa” :)

  7. @Rusa Bawean: untuk om rusa sbg informasi, memang bahasa bawean itu lebih mirip dengan kangean (P. Kangean) di banding dengan madura ( P. Madura ), hal kemiripannya dari segi logat ( accent ). kemiripannya itu mungkin karena pengaruh bugis ( maupun suku2 lain yg berasal dari sulawesi ), kalau budaya bawean campuran. dari budaya “gado2″ itu akhirnya terbentuk budaya “tersendiri” yang akhirnya mirip melayu. dari segi rumah tradisional juga unik ada miripnya dengan madura dan jawa. bangunan dhurung ( shelter) yang jadi ciri khas bawean ternyata mirip dengan shelter yg ada di madura, bali, lombok dan sumbawa tentu dengan keunikan tersendiri.

    tentunya om Rusa sudah tepat kalau ditanya dari mana ? kalau bilang dari Gresik ( tidak memahami Gresik ), kalau di bilang dari Madura ( tidak tahu apapun tentang Madura ), kalau bilang dari Melayu ( letak pulaunya terlalu jauh dari kawasan melayu, baik melayu borneo, malaka maupun Riau ). jawaban yang paling tepat kalau ditanya dari mana ??…ya jawab dari “Bawean” walaupun di peta tidak kelihatan dan letak pulaunya pun salah2 ( maklum dulu tidak ada GPS dan GOOGLE EARTH).

  8. wah sebagai orang gresik saya pengen mampir bawean
    kalo ga bawa kendaraan sendiri, di bawean kelilingnya naik apa ya? ada penyewaan motor?
    mohon infonya ya..kalo bisa sih bulan depan ke sana, mau snorkeling
    thanks

  9. ragam wisata di Indonesia sebetulnya banyak sekali, akan tetapi banyak sekali yang belum kenal, apalagi seperti saya..hehehe. pengen rasanya ke pulau bawean apalagi dekat dengan tempat saya, nanti saya promosikan ke relasi dan teman-teman saya gan..

Leave a Reply