Bung Ijo Sahabat Rusa Memasak

Adakah di antara kalian yang ayahnya merupakan ketua RW setempat? mungkin saja ayah kalian yang merupakan Duta Elpiji di daerah kamu. Karena barusan aja ada pembentukan Duta Elpiji yang dimulai dari bulan Desember 2010 hingga Januari 2011 yang diselenggarakan di 16 Propinsi. Hmmm bingung ya maksudnya Duta Elpiji? nih, Duta Elpiji adalah suatu program Pertamina, sebagai bagian dari program besar ”Memasak Aman dan Nyaman dengan Pertamina”. Duta Elpiji ini adalah para anggota masyarakat yang peduli terhadap kegiatan konversi ke tabung Gas Elpiji 3 Kg. Duta ini dipilih dari tingkat RW yang kemudian diberi pelatihan untuk mendukung program sosialisai konversi tabung Gas Elpiji 3 Kg.

Situs Bung Ijo

Jadi teman-teman, gak cuma Pembentukan Duta Elpiji aja yg telah diselenggarakan oleh Pertamina, dimulai dari Februari sampai Mei 2011 kemaren Pertamina juga mengadakan Lomba Memasak loh. Wew keren ya, pasti kalian bisa ikut deh lomba memasaknya, tapi Rusa juga tau koq, pasti kalian akan masak mie instan ya kalau ikut lomba itu, hehe.  Pasti dengan ikutan 2 acara tersebut kita-kita (kita?) jadi tahu bagaimana cara menggunakan gas Elpiji yang baik dan benar, serta jadi tahu cara memasak yang aman dan nyaman.

Nah di Surabaya, di mana Rusa dikandangkan, acara pembentukan Duta Elpiji dan Lomba Memasak ini dilaksanakan di kecamatan Tandes,  kecamatan Genteng, dan kecamatan Bulak pada bulan Maret sampai April kemaren.

Acara ini sangat tepat sasaran, karena warga sekarang menjadi merasa aman jika menggunakan lpg. Sudah lama warga saya menunggu sosialisasi seperti ini  Soeroso – Duta Elpiji Kel. Tandes Surabaya

Kegiatan seperti ini memang sangat dibutuhkan oleh warga saya, selama ini mereka selalu khawatir dalam menggunakan gas lpg 3kg, tapi sekarang berkat sosialisasi ini kekhawatiran mereka sudah berkurang Sumiharko – Duta Elpiji Kel. Bulak Kenjeran Surabaya

Tapi gak perlu khawatir buat kalian yang gak ikutan event kemaren itu, karena ada Rusa yang akan berbaik hati untuk bagi-bagi ilmu tentang bagaimana cara penggunaan Elpiji yang baik dan benar.

Bagaimana sih Rus penggunaan Elpiji yang baik dan benar?

Untuk cara penggunaan Elpiji yang baik dan benar, kalian bisa ikuti beberapa tips berikut ini:

  • Gunakan peralatan Elpiji (tabung, kompor, regulator dan selang) sesuai dengan SNI. Standar mulai berlaku pada akhir 2008.
  • Kompor dan tabung Elpiji ditempatkan di tempat yang datar dan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik
  • Idealnya ventilasi dapur berada di dinding bagian bawah dan mengarah ke tempat aman mengingat berat jenis LPG lebih berat dari udara maka apabila terjadi kebocoran Elpiji akan berada di bagian bawah atau pintu dapur terbuka.
  • Selang harus terpasang erat dengan klem pada regulator maupun kompor.
  • Tabung elpiji diletakkan menjauh dari kompornya atau sumber api lainnya dan harus diupayakan tidak terpapar panas.
  • Pasang regulator pada katup tabung Elpiji (posisi knob regulator mengarah ke bawah). Pastikan regulator tak dapat terlepas dari katup tabung Elpiji.
  • Pastikan selang tidak tertindih atau tertekuk. Sekali lagi, jangan kalian tindih ya!
  • Periksa kemungkinan kebocoran gas dan tabung, kompor, selang , maupun regulatornya dengan cara membasuh dengan air sabun pada bagian-bagian rawan kebocoran (sambungan regulator valve tabung, sambungan selang ke regulator dan kompor). Apabila terjadi kebocoran akan terjadi gelembung-gelembung udara pada air sabun dan tercium bau khas Elpiji.

Sedangkan kalo cara menggunakan kompor yang baik adalah…  *makin sok tau nih*

  • Tekan dan putar knob kompor berlawanan arah jarum jam
  • Putar knob sampai posisi off (ditandai dengan bunyi klik) biar selesai *kek helm SNI ya pake klik segala*
  • Ruang dapur yang menjadi satu dengan ruang makan atau ruang tidur dan tak mempunyai ventilasi atau sirkulasi udara yang baik maka harus diperhatikan perihal sebagai berikut:
  • Pada dini hari setelah bangun tidur dan akan menghidupkan kompor, harus diyakinkan bahwa tak ada akumulasi gas dalam ruangan dengan cara membuka pintu/jendela terlebih dahulu. Bau gas Elpiji tak akan tercium apabila kita sedang pilek dan penciuman kita akan mengalami imun terhadap bau apabila kita sudah terpapar bau tersebut dalam waktu yang cukup lama.
  • Pada saat ruangan tertutup ditinggal dalam waktu lama, pada saat membuka pintu harus diyakinkan bahwa dalam ruang tersebut tak terjadi akumulasi Elpiji akibat kebocoran sebelum menyalakan listrik dan sumber api lain.
  • Jangan mencolok-colok valve tabung apabila Elpiji tak keluar dari tabung, tukarkan dengan penjual atau agen terdekat.
  • Jangan menggunakan kompor gas dan kompor minyak tanah secara bersamaan dalam satu ruangan.
  • Jangan menghidupkan kompor jika tercium bau Elpiji yang bocor.
  • Apabila terjadi kebocoran dan akumulasi Elpiji sudah terlalu banyak, segera evakuasi penghuni rumah dan tetangga sekitar, serta matikan sumber api seperti kompor, listrik, dll. Tunggu beberapa saat hingga bau khas Elpiji hilang.

Sebenarnya banyak yang pengen Rusa sampaikan di sini, tapi koq keknya bakal terlalu panjang dan jadi malah kek makin sok tahu ya? Nak kalo kalian mau tau lebih banyak, kalian bisa liat-liat deh tutorial dan tips-tipsnya di situs www.bungijo.com, di sana lengkap deh. Kalian juga bisa tanya-tanya juga di situs itu. Jadi kita bisa tau bagaimana cara menggunakan Elpiji yang baik dan benar, serta memasak secara aman dan nyaman. Karena si Bung Ijo sahabat kakak-kakak semua dalam memasak :)

Udah buruan yuk kita lari-lari ke TKP! :)

Share yuuk..
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

64 Comments - Add Comment

Reply


6 − four =