Express Bahari 1c

Bagaimana Cara ke Pulau Bawean?

Pertanyaan berikutnya setelah mengenal Pulau Bawean dan tertarik untuk trip ke pulau yang juga disebut Boyan oleh masyarakat Melayu di Malaysia dan Singapura ini adalah “Bagaimana cara ke Pulau Bawean? Naik apa ke sananya? Berapa lama? Berapa harga tiketnya?” dll dsb dst.

Express Bahari 1C menuju Gresik dari Pulau Bawean (Foto by bawean.net)

Express Bahari 1C di Pelabuhan Bawean

Aha! Mari Rusa jawab pertanyaan penting ini!

Untuk ke Pulau Bawean, saat ini hanya bisa dilakukan dengan 1 cara, yaitu dengan naik kapal laut. Iyalah, kan Bandara Bawean belum jadi.

Untuk naik kapal hanya ada satu pelabuhan yang melayani ke Pulau Bawean, yaitu dari Pelabuhan Gresik. Begitupun sebaliknya, dari Bawean hanya ada satu lokasi tujuan pelabuhan, yaitu Gresik.

Gresik adalah sebuah kabupaten yang bersebelahan dengan Surabaya. Buat kamu dari mana saja yang jauh dari Gresik, untuk sampai ke Gresik bisa ke Surabaya dulu. Misal dari Jakarta, bisa tujuan bandara Juanda Surabaya, atau kereta api dengan tujuan stasiun Pasar Turi atau Gubeng, sedangkan naik bus bisa tujuan Terminal Bungurasih.

Jadwal Pemberangkatan kapal dan Harga Tiket

Saat ini, kapal dari Gresik ke Bawean maupun sebaliknya sudah ada setiap hari, tapi dengan kapal yang berbeda dan dengan waktu tempuh yang berbeda pun harga tiketnya.

Paling cepat ke Bawean dengan waktu tempuh 3 jam. Kapal yang melayani 3 jam perjalanan ini hanya Express Bahari 1C, kapal yang sudah beberpa tahun ini melayani rute Gresik-Bawean-Gresik. Dengan kapal Express bahari, penumpang dewasa Rp. 131.500 untuk ekonomi, Rp. 146.500 dan Rp. 166.500 untuk kelas Executive dan VIP. Selisihnya tidak banyak setiap kelas, jadi saran Rusa sih memilih kelas saja, daripada ekonomi.

Express Bahari 1C (Foto by bawean.net)

Kapal yang berkapasitas 380 orang ini jadwal rutin ke Bawean adalah setiap hari Minggu, Selasa dan kamis. Sedangkan dari Bawean ke Gresik adalah setiap Senin, Rabu dan Sabtu. Kapal berangkat masing-masing dari pelabuhan asal adalah jam 08.00 WIB.

Jika memang ingin perjalanan laut lebih lama dikit, bisa menggunakan kapal Tungkal Samudera . Lebih lama dari Express Bahari, Gresik-Bawean maupun sebaliknya ditempuh kurang lebih 5 jam perjalanan. Jangan khawatir, kapal berkapasitas kurang lebih 500 penumpang ini lebih besar koq dibanding Express Bahari.

Untuk harga tiket, Tungkal Samudera punya harga yang sama dengan Express bahari, bedanya jadwal keberangkatan Dari Gresik ke Bawean tiap hari Senin, Rabu dan Sabtu berangkat jam 09.00 WIB. Sedangkan dari Bawean adalah setiap hari Selasa, Kamis dan Minggu, di jam 09.00 WIB.

MV Tungkal Samudera 1 (Foto by bawean.net)

Ada 1 lagi kapal yang melayani penyebrangan Gresik-Bawean-Gresik, kapal ini adalah program dari Dishub Provinsi Jawa Timur. Karena ini merupakan program pemerintah setempat, jadi harganya lebih murah dibanding 2 kapal yang sudah Rusa sebutkan di atas. Gresik-Bawean atau sebaliknya hanya perlu membayar Rp. 75.000 saja. Kapal bernama Satya Kencana perjalanannya paling lama dibanding 2 kapal di atas. Bisa sampai 7 jam perjalanan. Istimewanya, kapal ini adalah kapal paling besar dibanding Express dan Tungkal. Karena memang kapalnya besar, kapal ini bisa menampung 900 penumpang kalau tidak membawa mobil. Iya, kapal ini kapal yang bisa sekaligus membawa kendsaraan seperti mobil dan motor.

KM Satya Kencana II (Foto by bawean.net)

Jadwal Satya Kencana dari Gresik setiap Selasa dan Jumat (khusus hari ini transit Paciran Lamongan. Jangan sedih), sedangkan dari bawean setiap Rabu dan Sabtu, bernagkat jam 07.00 WIB.

Bagaimana Cara Mendapatkan Tiket Kapal ke Bawean?

Pastinya dengan beli ya. Karena tidak ada gratis. Kecuali Rusa yang jadi presidennya. Huahahaha! Oke, untuk mendapatkan tiket-tiket itu bisa langsung datang ke loketnya masing-masing. Untuk Express bahari bisa langsung ke kantor cabangnya, untuk Gresik di Jalan Pahlawan no. 36 GresikTelp. 031-3983600, 031-3978920, sedangkan di Bawean Jl. Dermaga Sangapura No. 8 Bawean Telp. 0325-422257.

Untuk Tungkal Samudera bisa langsung telp. Ke 031-88228857, sedangkan untuk Satya Kencana saat ini hanya bisa di loketnya di Pelabuhan Gresik. Untuk di Bawean untuk medmapatkan tiketnya gampang, tinggal datang saja ke pelabuhan.

Apakah Bisa Bawa Kendaraan dengan Kapal?

Ini pertanyaan yang banyak disampaikan oleh orang yang mau ke Bawean. Apakah bisa bawa kendaraan? Jawabannya bisa saja, jika dengan kapal Satya Kencana. Tapi bawa kendaraan seperti motor sendiri atau mbol sendiri ke Bawean itu tidak seperti ketika nyebrang dari Tanjung Perak Surabaya ke Bangkalan Madura. Di mana kendaraan bisa langsung masuk aja ke dalam kapal. Tapi kalau ke Bawean bawa kendaraan, prosesnya seperti ketika membawa kendaraan saat menyebrang dari Tanjung perak Surabaya ke pulau Kalimantan dan Sulawesi, di mana ribet dan tentunya harganyapun gak semurah seperti Perak-Bangkalan.

Jadi menurut Rusa sih, ngapain pake bawa kendaraan segala kalau di bawean paling lama seminggu. Belum lagi kalau memang tidak ada kapal seperti Satya Kencana yang bisa bawa penumpang dan barang. Kalau hanya ada kapal yanmg berisi penumpang doank, kendaraan kamu akan dibawa oleh kapal barang, yang jadwalnya gak tentu, yang tentunya antara orangnya dan kenadraannya nyampek di bawean gak akan sama.

Nah, sekarang mudah kan caranya ke Pulau Bawean? Jadwal kapal dan harga tiket di atas pastinya sewaktu-waktu akan berubah. Yang Rusa tulis di atas adalah yang berlaku saat ini. Semua bisa berubah mengikuti situasi dan kondisi.

AYU KA BHABIAN!

Foto-foto kapal diambil di Media Bawean. Kapal Express Bahari di sini dan di sini, Tungkal Samudera di sini dan Satya Kencana di sini.

36 thoughts on “Bagaimana Cara ke Pulau Bawean?

  1. giewahyudi

    Kapal Express Bahari ini tampilannya udah kayak kapal pesiar ya?
    Sayangnya ga ada gambar di bagian dalamnya.

    Kalau jadi kamu aku beli kapal Express Bahari ini satu lagi, buat perjalanan Tanjung Priok – Pulau Bawean. hehehee

    Reply
    1. Rusa Post author

      Di dalamnya isinya cuma kursi-kursi gitu kak.

      Kalau aku bisa beli kapal, udah tak apke beli helikopter aja kak. Hehehehe..
      AYU KAK BHABIAN!

      Reply
  2. ndop

    lumayan banyak yg duitnya, kayak ke pulau Bali. Tapi Bawean tentunya sama bagusnya dengan Bali dong yaaa… *membela kak uca biar suatu saat ditraktir naik itu tuuuuh yg eksekyutiiiif*

    Reply
    1. Rusa Post author

      Huehehehe.. Gak lah kak, gak semahal ke Bali. Tapi bagusnya bagusan Bawean. Hahaha!

      Btw kapan ya bisa ngajak kamu ke Bawean. Pasti akan banyak post ttg pulaku di blogmu. Hihihi..

      Reply
  3. Jakur

    Jadwalnya pagi-pagi ya. jadi kalo emang mau ke Bawean harus prepare dulu. Jadi kalo mendadak gitu kesana nggak bisa, ya?
    Pernah naik kapal laut cuma sekali, aku jadul sekali mas. :(

    Reply
  4. Ratna Dewy

    Salam….saya dari singapore….insaAllah tanggal 20 november kami sekeluarga akan ke sana….di pulau bawean ada hotel ke? Ape kah nama hotelnya?

    Reply
  5. fauzie

    disertai harga pembelian tiket kapal, sangat lengkap sekali
    terima kasih mas bro buat penjelasannya, Insya allah nanti bisa punya ke sempatan ke pulau Bawean

    Reply
  6. Ieien tambhek

    Buruan pda nyoba ke pulau bwean.djmin seru bget..skalian bwt moment
    #bee..libur ongghu pokokna
    klw da kesni gag bkln nyesel dech..hhahh

    Reply
  7. esty

    hallo, kalo mau keliling bawean dn pulau2 sekitarnya dua hari satu malam cukup atau tidak? mohon peljelasannya,, terima kasih banyak

    Reply
  8. Pingback: Visit Bawean #4: Bawean, Pulau Perawan yang Menawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>