ASEAN Blogger Conference 2011

Mewakili Komunitas Blogger Surabaya Tugu Pahlawan (TPC) Rusa bersama Frenavit (untuk kesekian kalinya sama blogger beken ini) berangkat ke Bali untuk menghadiri ASEAN Blogger Conference yg akan dilaksanakan di Museum Pasifika Nusa Dua Bali 16 November 2011.

Ok, untuk postingan kali ini, anggap aja ada yg mewawancari Rusa gitu ya, jadi Rusa tinggal jawab pertanyaan-pertanyaan saja. Ok, setuju ya! hehe.

Ciee cuma berangkat berdua sama Frenavit? Ciee romantis amat berdua sama Frenavit ke Bali.

Bukan! Gak cuma sama Frenavit woi, sepesawat juga sama Wahyu Alam, perwakilan Komunitas Blogger Madura Plat M, juga sama Fajar Mesum dan Haqqi dari Komunitas Blogger Ngalam dari Malang. kami berangkat dengan pesawat yang udah terkenal delay itu, dan beneran kita emang delay saat itu.

Lah nyampek di Bali jam berapa? dan habis itu ngapain?

Lupa sih nyampek di Bandara Ngurah Rai Denpasar jam berapa, yang pasti nyampek di Bali langsung ketemu sama mbak Indah Juli, dan kami rombongan dari Surabaya langsung ngacir cari makan karena lapar yang udah tak tertahankan, di situ kami berlima ngobrol ngalur ngidur, mulai tentang kerajaan Bali sampai pada kerajaan Mojopahit. Dari situ Rusa, Fajar Mesum, Haqqi dan Alam baru tahu kalau Frenavit itu jago banget pelajaran Sejarahnya, termasuk tentang kerajaan di Tanah Jawa.

DI Bandara Ngurah Rai (foto by Baban Sarbana)

Puas makan dan ngobrol-ngobrol, akhirnya rombongan dari Jakarta udah datang, dan kami harus udah diantarkan ke Harris Pop Hotel tempat kami diinapkan. Sesampai di hotel agak pusing dikit sih, ternyata kunci kamar Rusa dibawa kabur sama mas Jarwadi, blogger dari Jogja, yang udah masuk kamar duluan. Alhasil Rusa dan Gerry yang kebetulan satu kamar sama mas Jarwadi harus nyari tempat ungsian dulu untuk naruh barang dan madi-mandi dulu. Nyebelin si Jarwadi, padahal kan waktu itu buru-buru banget mau berangkat ke acara operayaan HUT nya Bali Blogger Community. Tapi gak papa sih, dalam hal ini Rusa dan Gerry tetap memaafkan mas Jarwadi, kalau gak gitu kan gak seru juga, gak ada cerita yang membekas. Halah opo iku?! ๐Ÿ˜€

Di ultahnya Bali Blogger Community (foto by Nieke)

Setelah mandi, langsung dianterin ke perayaan ultah Komunitas Blogger Bali yang ke 4, selamat yaa, semoga makin kompak online dan offline ya!

ASEAN Blogger Conference itu kapan dan diselenggarakan di mana Rus?

Hmm kan udah disebutin di awal kalau caranya tanggl 16 November dan diselenggarakan di Museum pasifika Nusa Dua Bali *kecewa*

Di depan Museum Pasifika

Katanya acaranya dibuka oleh Menkominfo Tifatul Sembiring ya? Main pantun juga ya katanya?

Iya, acara dibuka oleh Menkominfo yang ngehits itu, dia menutup sambutannya dengan pantunnyaย “Ikan hiu beli es puter, thanks you and see you later” Dia cuma sebentar doank sih di sana, habis itu lari entah ke mana. Ya gak papa sih, urusan dia donk, mau lama apa gak.

Ceritain donk Rus, acaranya di sana seperti apa?

Jadi ceritanya setelah beberapa sambutan selesai, acara langsung dilanjutkan oleh mas Donny BU yang memaparkan tentang dunia internet dan blogosphere Indonesia. Setelah itu dilanjutkan oleh blogger negara ASEAN yang sharing tentang internet dan blogosphere di negaranya.

Setelah selesai blogger barbagai negara tetangga itu sharing tentang internet dan blogosphere negara masing-masing, acara dilanjutkan dengan diskusi tentang deklarasi ASEAN Blogger. Dari 100-an blogger yang hadir, diskusi dibagi jadi 3 kelompok. Kelompok A diketuai Putra Nasution (Blogger Medan), ย kelompok B diketuai oleh Agus Lahinta (Blogger Gorontalo), dan sedangkan kelompok C diketuai oleh Herman Saksono (Blogger Jogja). Dan Rusa termasuk ke dalam kelompok B. Baru saja mau ikut diskusi, ternyata Rusa diculik oleh mbak Indah Juli untuk mengambil ID Card Media yang akan dipake untuk ngeliput ASEAN Summit-nya. Ternyata pas ngurus pengambilan ID Card itu lumayan rempong, jadinya makan waktu yang agak lama, alhasil Rusa beserta 6 blogger lainnya ย gak bisa ikutan diskusi dalam pembagian kelompok-kelompok tersebut, karena pas udah balik ke Museum Pasifika, diskusi kelompok udah kelar, dan udah waktunya coffee break. Dari situ deh mempengaruhi mood selanjutnya, Rusa udah gak paham deh apa yang dibahas pas diskusi setelah coffee break, pas para 3 ketua memaparkan hasil diskuisnya setiap kelompok, juga kurang paham, lagi ngebahas apa dan mau dibawa ke mana.

Dari kiri: Agus Lahinta, Putra Nasution, Pak Haz Pohan dan Herman Saksono

Suasana Deklarasi

Selesai pemaparan hasil diskusi setiap kelompok, acara dilanjutkan oleh sharing dari Shinta Bubu, Mike Orgill dari Google dan Nukman Luthfie. Setelah itu acara dilanjutkan dengan diskusi terakhir dari Anggara Suwahju dan Onno W Purbo dengan dimoderatori oleh Enda Nasution. Selesai? belum ternyata rapat sidang deklarasinya dilanjutkan lagi, entah apa aja yg dibahas, Rusa agak kurang paham juga, akhirnya dihasilkan 7 poin yang seperti ditulis di blognya mas Iman Brotoseno Presiden ASEAN Blogger chapter Indonesia atau seperti yang ditulis mbak Ajeng di blognya.

Selesai diskusi, akhirnya acara di Museum Pasifika ditutup dengan Gala Dinner.

Gala Dinner, bukan Galau Dinner

Selesai Gala Dinner

Terus bagaimana menurut kamu hasil deklarasinya Rus?

Aduh udah gak usah tanya itu ya sama Rusa, Rusa juga bingung mau jawab apa, seperti kata Nike, Rusa juga merupakan blogger penggembira saja, jadi agak susah sih kalau diajak ngomongin hal-hal yang berat-berat begini. Kalau ada yang komentar begini “gak ada gunanya donk kamu Rus di sana?” hmm, mungkin kamu benar sih.

BTWย Ketemu siapa aja Rus di sana?

Huwaw banyak donk, ketemu blogger seluruh Nusantara pastinya, kira-kira lebih dari 100 blogger dari berbagai komunitas blogger di Indonesia dan blogger dari perwakilan negara-negara ASEAN. Seperti Malaysia, Brunai Darussalam, Vietnam, Kamboja, Filipina, Thailand dan Laos.

Di Garuda Wisnu Kencana

Senang deh bisa kopdar sama teman-teman blogger yang sebelumnya udah kenal dan udah ketemu lagi, udah kenal tapi belum ketemu dan baru ketemu dan kenalan di situ. ย Jadi makin banyak kenal sama blogger-blogger seluruh Nusantara.

Jadi kamu dapet gebetan blogger gak Rus dari deklarasi ASEAN Blogger?

Ah pertanyaanmu mulai masuk ke ranah pribadi, udah dulu ya wawancaranya. *seruduk*

*Foto-foto dari Facebook Baban Sarbana dan facebook Nieke Essy. Selebihnya semua Rusa ambil di flickrnya ASEAN Blogger.

Share yuuk..
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

65 Comments - Add Comment

Reply


+ one = 9