7 Manfaat Mandi dengan Air Dingin

Siapa hayo yang suka mandi air hangat? Atau doyan berendam di kolam yang airnya panas? Ah wesbiyasa itu. Pasti yang punya kebiasaan itu males banget kan mandi pake air dingin? Apalagi di pagi hari dan hujan lebat lagi, pastinya mandi menggunakan air hangat itu sangat menyenangkan ya.

Rusa mandi air terjun Bantimurung di Maros yang dingin. Jangan fokus pada yang lain ya!

Hari gini mandi air hangat itu terlalu mainstream, sebagai orang yang gak mau sama dengan kebanyakan orang, tentunya harus berbeda kan ya? Hihihi. Yuk ganti dengan mandi menggunakan air dingin. Karena gak sekedar beda, mandi air dingin ternyata mengandung banyak manfaat loh. Gak tau kan? Sini Rusa kasih tahu manfaatnya!
Berikut 7 manfaat mandi menggunakan air dingin:

1.    Membakar Lemak Tubuh
Ini penting banget kan? Daripada sedot lemak ditubuh, mending mandi dengan air dingin. Karena ternyata ketika air dingin menyentuh tubuh kita, tubuh akan melakukan mekanisme secara otomatis untuk menghasilkan panas agar bisa memerangi rasa dingin. Yaitu dengan membuat metabolisme tubuh bekerja lebih cepat. Artinya, tubuh akan membakar cadangan karbohidrat dan lemak secara lebih cepat untuk membuat kamu merasa hangat. Mantap kan?

2.    Rambut Jadi Lebih Sehat
Pernah punya pengalaman rambut kamu rontok saat keramas? Mungkin ada baiknya kamu mulai mengganti dengan air dingin ketika mandi. Karena ketika dibasuh air dingin, secara otomatis kutikula rambut akan menutup. Tertutupnya kutikula ini membuat rambut tidak mudah rontok saat kamu mencuci rambut. Kombinasi air dingin dan pijatan pada kepala juga akan membuat peredaran darah di kulit kepala semakin lancar sehingga bermanfaat menyehatkan rambut.

3.    Peredaran Darah Lancar
Ketika melakukan kontak dengan air dingin, tubuh kita akan mendapatkan “kejutan” yang berakibat melambatnya peredaran darah. Tetapi, dalam waktu yang nyaris bersamaan, mekanisme tubuh justru akan meningkatkan kecepatan peredaran darah, sehingga sirkulasi darah bekerja dengan dorongan ekstra. Akibatnya, peredaran darah menjadi lebih lancar dan efektif mengeluarkan racun dan zat berbahaya dari dalam tubuh. Huwihh! Bahasaku udah kek pakar kesehatan gini yak 😀

4.    Wajah Lebih Berkilau Alami
Membasuh wajah menggunakan air dingin bermanfaat mengecilkan pori-pori pada kulit wajah. Berbeda dengan ketika membasuh wajah dengan air hangat, mencuci muka dengan air dingin juga tidak akan melunturkan minyak alami yang bermanfaat menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit. Karenanya, mereka yang terbiasa membasuh wajah dengan air dingin akan lebih lama terhindari dari kondisi kulit wajah keriput dan kusam.  Oke kali ini Rusa udah berasa dokter kecantikan 😀

5.    Membuat Otot Lebih Rileks
Ini cocok banget buat kamu yang suka olahraga. Mandi dengan air dingin bisa membuat otot-otot kita jadi lebih rileks. Karena setelah melakukan aktivitas fisik, otot-otot akan meradang dan kamu butuh waktu untuk membuat otot-otot kamu menjadi rileks. Nah untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, serat pada otot Anda akan membesar dan mengerut.

6.    Mendinginkan Pikiran
Mandi air dingin akan menjadikan pikiran lebih dingin setelah seharian bekerja keras di kota yang panas. Ternyata mandi dengan air dingin dapat membantu meningkatkan metabolisme, serta mengatur kadar asam urat dalam tubuh. Tentunya ini bisa menghilangkan kepenatan kita setelah bekerja seharian.

7.    Meningkatkan Semangat \o/
Jangan pernah takut mandi air dingin  di pagi hari. Karena mandi air dingin setelah bangun tidur akan memberikan stimulasi pada saraf-saraf yang lemas lantaran beristirahat semalaman. Akibatnya, mata akan terbuka lebar, pikiran terasa lebih segar, dan kamu akan lebih bersemangat dalam melakukan aktivitas.

Buat kamu yang biasa mandi menggunakan air hangat mungkin akan agak berat jika langsung menggantinya dengan air dingin. So, ganti aja secara bertahap. Artinya kita bisa biasakan sedikit demi sedikit mengganti kadar kehangatan yang biasa kamu pakai. Dari yang hangat menjadi tidak terlalu hangat, dan sampai mendekati dingin. Nah, jika udah terbiasa mulailah pelan-pelan menggunakan yang suhunya agak dingin. Dengan begitu, lama kelamaan akan terbiasa kita mandi menggunakan air dingin. Dan tentunya akan mendapatkan banyak manfaat dari air dingin.

*Mandi air dingin. Basuh-basuh tanduk*

Tulisan ini terinspirasi dari sumber di sini. Untuk tips kesehatan dan life style lainnya bisa klik soylution.co.id!

Share yuuk..
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

51 Comments - Add Comment

Reply


three − = 0