12 Hari di Malaysia

Keinginan untuk mengunjungi negerinya Upin dan Ipin ini adalah bukan keingingan baru, tapi muncul sejak Rama Rusa (baca: ayah Rusa) meninggal di sana. Yup waktu itu Rusa masih SMP. Rusa berpikir, Rusa wajib ke sana. Cepat atau lambat, Rusa akan datangi makam Rama Rusa. Kesempatan ini baru tercapaikan tgl 11 April kemaren, Yay Rusa 12 hari di Malaysia. 12 Hari? lama banget ya? iya emang tujuannya sih emang mau nyekar gitu, tapi karena emang di sana Rusa banyak punya saudara yang bisa ditumpangi, jadinya sekalian deh lama-lama di sana buat jalan-jalan. Hehe.

di Ketibaaan Bandara KLCC

Senin pagi 11 April, Rusa berangkat dari bandara Juanda dengan pesawat Air Asia, sempat harus ditanya macam-macam sama Imigrasi Juanda, mereka kurang percaya, kalo Rusa sama kakak Rusa bilang ke Malaysia buat jalan-jalan. Pelayanan yang sama sekali tak ramah, membuat mood berubah. Tapi tak apalah, maklum ini mau mengunjungi Negara yang banyak banget TKInya, jadinya agak lumayan lebih ketat.

Alhamdulilah pesawat bernomor penerbangan AK 553 mendarat di bandara LCCT dengan selamat. Setiba di Kuala Lumpur Rusa gak perlu bingung, karena kebetulan dijemput sama sepupu Rusa yang udah 8 tahun di Malaysia sejak dia kecil yang sekarang ngomongnya persis sudah seperti si Upin dan Ipin, walau kadang dia masih bisa ngomong pake bahasa Bawean yang berlogat Melayu πŸ˜€

Ada beberapa saudara yang nyebar di beberapa daerah di Malaysia, tapi karena yang jemput ke Bandara ini rumahnya di Sungai Buloh, jadinya hari pertama dan beberapa hari selanjutnya nginepnya di sini, lagian karena di Sungai Buloh ini ada mobil plus ada yang mau nganterin jalan-jalan, jadinya udah ditentuin untuk lebih lama di Singai Buloh dibanding dengan Kampung Pandang. Pandan Mewah atau Ukey Perdana.

12 Hari di Malaysia hanya untuk jalan-jalan saja sepertinya memang sangat lama. Malaysia itu kecil, 3 sampai 4 hari sepertinya cukup, tapi karena ini bentuknya juga dibalut dengan silaturrohmi, jadinya 12 hari di sana gak nganggur-nganggur banget. Banyak saudara yang harus dikunjungi, hehe.

Β 

Wisata Malaysia

Lokasi yang banyak dikunjungi wisatawan luar negeri banyak sih, cuma karena Rusa tinggalnya di Kuala Lumpur, jadinya tempat-tempat yang dikunjungi adalah sekitaran Kuala Lumpur saja, daerah dekat-dekat situ aja.

Tempat yang pertama dikunjungi apalagi kalau bukan KLCC, yay hehe. Sebelum nyampe Malaysia juga udah ngebayangin pengen foto dengan menara kembar ini, hehe. Berikutnya yang Rusa kunjungi adalah Batu Caves, tempat ibadah orang Hindu di Malaysia, di sini Rusa naik 272 anak tangga untuk melihat dalam guanya seperti apa. Pada hari yang sama, tempat berikutnya adalah ke kawasan kantor pemerintahan yaitu Putrajaya, tempatnya keren, bangunan-bangunananya juga ok punya. Ada jembatan, masjid, wah pokoknya keren banget lah.

Rusa with KLCC

Di Hari Minggu, Rusa bersama saudara si Ipin Upin, jalan-jalan ke Genting Highlands, wew sumpah ya, yang ini keren banget, perjalanannya ke sana aja udah melewati pemandangan yang angat indah, karena memang Genting Highlands ini adanya di puncak (2000 m di atas muka laut), jadinya selain indah, cuacanyaΒ  juga dingin banget. Ini mungkin wisata nomer satunya Malaysia untuk dikunjungi wisatawan asing ya, bahkana Genting Highlands ini dikenal dengan Las Vegas-nya Malaysia loh. Hmmm.

Genting Highlands

di Animal Zone KL Tower

Lokasi wisata lain yang dikunjungi adalah Menara Kuala Lumpur, atau yang sering disebut KL Tower, di atas ini kita bisa melihat semua Malaysia dari atas. Selain itu juga mampir nyobain ke Pasar Ikan, pulangnya langsung bakar-bakar ikan πŸ˜€

Rusa with Rusa Zoo Negara

Yay, akhirnya ambisi untuk mengunjungi Kebun Binatangnya Malaysia kesampean juga, yup Zoo Negara. Sebenernya gak pengen-pengen banget sih ke Zoo Negara, tapi Rusa cuma penasaran aja sih, bagaimana Rusa-Rusanya di sana. Berharap sih bisa menemukan label Rusa Bawean, tapi sayangnya tidak, Cuma ada 3 macam Rusa di situ, hmm ok ulasan lebih lengkapnya nanti Rusa postingin khusus ya buat ini. Hehe.

Tulisan untuk tempat-temapat wisata akan di bagi beberapa postingan ke depan, ditunggu ya!

Β 

Β 

Orang Bawean di Malaysia

Orang bawean di Malaysia, atau yang lebih dikenal dengan Boyan emang banyak banget, mereka ngumpulnya paling banyak di Kampung Pandan, ada yang tinggal di rumah-rumah biasa, ada juga yang tinggal di flat atau orang sini bilang Rumah Susun. 2 kali Rusa nginap di flat Kampung Pandan. Seru juga ternyata Rusa juga bisa melihat bagaimana orang Bawean di sana. Ternyata sama saja, kebetulan di sana ada dua kali acara, pertama syukuran orang mau berangkat umroh yang kedua tahlilan orang meninggal. Keduanya tak ubahnya acara yang dilakukan di Bawean. Orang Bawean di sana emang cuma pindah tempat saja, ada di Kampung Pandan, tak ubahnya ada di Bawean. Masakannya juga sama tetap Kella-Kella, bahkan sempat rujaan juga di sana πŸ˜€

Tahlilan di Kampung pandang

Β 

Kuliner Malaysia

Ngomongin kuliner Malaysia, tak banyak yang Rusa cicipi di sana, dan sepertinya memang tak makan makanan khas Melayu. Adanya sih tiap pagi sarapan Roti Canai, yang roti ini sudah pernah Rusa coba di Bawean juga, di Surabaya juga ada namanya Roti Maryam, 11 12 sih rasanya, Roti Canai di makan sama semacam kuah gitu dengan ditemani segelas teh tarik.

Pernah juga sih nyobain Restoran JM Bariani, makan Nasi Bariani yang katanya teman Rusa yang memang kebetulan asli Melayu, dia bilang ini khas Melayu, tapi pas tak twitkan si @nagacentil bilang di Indonesia juga ada, #barutahu juga sih.

Roti Canai, Kuah Dal dan teh Tarik

Pernah nyobain Barbeque Ayam yang rasanya sumpah manis ndan asin banget, juga pernah nyobain resto di bandara KLCC, namanya Taste of Asia, nyobain Nasi Ayam, kaka Rusa malah mengumpat, ini makanan apaan sih, dijual di Indonesia gak bakal laku nih, masih kalah jauh sama Ayam dan bebek Gorengnya orang Madura.

Yah Rusa sih gak nyobain sih makanan-makanan di Malaysia, entah itu Nasi Kandar atau apalah, abis kalau gak ada yang nemenin dan nganterin agak males sih makan sendirian, hehe.

Β 

Oleh-Oleh

Aduh, oleh-oleh apa ya? Sebenernya mau sih belanja-belanja apa gitu, sayangnya di sini apa-apa mahal banget, mahalnya gak ketulungan, contohnya kaos kualitas biasa aja sudah 100 RM, bayangin kalo kita kurskan, 300 ribu dipake di Tunjungan Plaza Surabaya, udah dapet kaos keren banget. Tapi dasar emang sukanya belanja, ya terkuras juga sih beberapa ratus Ringgit gara-gara gak bisa tahan ngiler. Hehe.

Kalau yang di Malaysia tak bawain oleh-oleh kerupuk udang Sidoarjo, pas Rusa pulang saudara-saudara Rusa banyak yang bawain Milo Malaysia (padahal di Surabaya banyak :D), yang ada malah bagasi membengkak jadi 50 kilo untuk 2 orang sama kakak Rusa. Untungnya Rusa emang kerjanya ngurusin tiket, jadinya bisa nambah bagasi pas hari H, gak kebayang deh habis berapa RM kalau sampek over bagasi pas check in. Huhuhu.

***

12 Hari di Malaysia terasa sangat singkat, banyak sih sebenernya yang belum Rusa cobain dan kunjungi, sayangnya karena memang tiket sudah booking PP, jadinya gak bisa nambah lagi. Tanggal 22 April Rusa sudah harus pulang lagi ke Surabaya. Yahhh kapan-kapan Rusa pasti akan kembali ke negara yang kotanya bersih dan teratur ini, paling tidak kembali untuk menejemput permaisuri, halah πŸ˜€

Β 

Negeri 5 Menara :)

Ternyata memang ya, orang Indonesia di Malaysia emang banyak banget, contohnya saja Rusa ketemu di mana-mana, Rusa bingung di Kereta, malah ada orang Situbondo dan orang Padang nyamber bantuin, beli oleh-oleh di KL Tower, malah orang Wonokromo Surabaya yang jual, beli es cream di Zoo Negara, malah guyonan sama cewek-cewek Madura yang jual di situ. Apalagi kalau di daerah semacam Kampung pandan gitu, yah di situ bakalan lebih banyak ketemu dengan orang Indonesia.

Untuk foto-foto selengkapnya bisa lihat-lihat di Multiply Rusa:Β  Batu Caves,Β  Genting Highlands,Β  Zoo Negara, Pasar Borong Ikan dan Putrajaya.

Share yuuk..
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

51 Comments - Add Comment

Reply


+ 9 = ten